Hubungan Kemandirian Dengan Tingkat Stress Selama Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Pada Siswa SMA Di Sidoarjo

Oktavia, Nur (2021) Hubungan Kemandirian Dengan Tingkat Stress Selama Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Pada Siswa SMA Di Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya siswa yang mengeluh dengan metode pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu pembelajaran secara daring. hal itu terjadi karena disebabkan oleh adanya dampak dari Pandemi Covid-19. Kasus yang baru-baru ini terjadi adalah seorang siswa diduga stress gara-gara belajar Online, siswa SMA di Gowa gantung diri di kamar mandi tempat tinggalnya di Kelurahan Sebengkok (www.suara.com). Sekolah yang menerapkan sistem pendidikan Jarak Jauh biasanya memiliki dampak tersendiri bagi siswa. Hal-hal yang tejadi diatas merupakan salah satu bentuk dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya penetapan metode pembelajaran secara daring pada siswa, sehingga siswa merasa materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima dengan mudah selain itu siswa juga merasa bahwa kesulitan dalam menyelesaikan tugas dalam jumlah banyak yang diperoleh dari guru. Banyaknya tugas yang diperoleh dari guru membuat siswa banyak yang merasakan stress dalam melaksanakan pembelajran daring (Chaterine, 2020). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemandirian dengan tingkat stress selama pelaksanaan pembelajaran secara daring pada siswa SMA di Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada 123 subjek siswa-siswi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Pengambilan data menggunakan skala kemandirian dengan skala tingkat stress siswa dengan model Likert. Berdasarkan hasil uji teknik Spearman Rho menggunakan program SPSS versi 22.0 diperoleh koefisien korelasi p = 0,614 dengan nilai signifikansi (p > 0,05). oleh karena p > 0,05 maka berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dengan tingkat stress siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Tingkat Stress
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: 1511700137 Nur Oktavia
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:10
Last Modified: 06 Sep 2021 06:10
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9935

Actions (login required)

View Item View Item