MODEL EVALUASI PELATIHAN FUNGSIONAL PERENCANA AHLI PERTAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERENCANA

Susetyo, Ivan Budi (2023) MODEL EVALUASI PELATIHAN FUNGSIONAL PERENCANA AHLI PERTAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERENCANA. Doctoral thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (JURNAL TURNITIN)
JURNAL TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL INTERNASIONAL)
JURNAL INTERNASIONAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
Official URL: http://repository.untag-sby.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia perencana harus dikelola secara baik dengan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan keahlian yang lebih dan sesuai dengan kebutuhan salah satunya melalui pelatihan fungsional perencana ahli pertama. Untuk mengetahui hasil, dampak maupun manfaat yang diperoleh dari pelatihan yang diberikan, maka perlu dilakukan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas pelatihan fungsional perencana ahli pertama, mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan fungsional perencana ahli pertama terhadap kompetensi, dan mendeskripsikan pengembangan model evaluasi. Jenis penelitian ini adalah mixed methods research dengan model sequential explanatory. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah ukuran sampel 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan fungsional perencana ahli pertama secara efektif dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja melalui proses belajar serta memberikan manfaat baik bagi pribadi, pekerjaan, maupun karier perencana. Pengaruh evaluasi pelatihan terhadap kompetensi adalah sebesar 78,7%, dengan model evaluasi konvergensi four levels of training evaluation dan perceived training benefit sebagai metode evaluasi pelatihan yang membentuk model evaluasi integratif berisi 5 (lima) level evaluasi sebagai produk kebaruan tentang evaluasi pelatihan meliputi reaksi, pembelajaran, perilaku, hasil, dan manfaat. Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Model Evaluasi, Pelatihan, Kompetensi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Manusia, Model Evaluasi, Pelatihan, Kompetensi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Doktor Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with email zainulfarid@icloud.com
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:50
Last Modified: 16 Aug 2024 02:50
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item