Perancangan Game RPG Tentang Petualangan Gajah Mada Menggunakan RPG Maker MV

Bachtiar, Muhammad Fikri (2021) Perancangan Game RPG Tentang Petualangan Gajah Mada Menggunakan RPG Maker MV. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Game RPG adalah jenis genre game yang dimana player mengendalikan aksi dari karakter atau grup dalam sebuah dunia fiksi dalam video game. Dalam game RPG ini setiap player harus memerankan karakter sesuai dengan perannya agar dapat mengembangkan permainan. Game RPG umumnya mempunyai misi-misi yang harus diselesaikan dengan berinteraksi dengan NPC, bertarung dengan musuh, atau mengumpulkan item-item. Banyak dari berbagai kalangan menyukai game RPG terutama genre Turn-based. Meskipun tujuan utama pembuatan game yaitu untuk menghibur pemain, game juga bisa dijadikan sarana belajar yang menyenangkan. Game sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Dengan menggunakan sejarah yang diambil dari buku sejarah sebagai acuan dari alur cerita permainan ini, maka akan menjadi game RPG yang menarik. Dengan menggunakan RPG Maker MV dalam pembuatan ini yang mana dapat membuat game RPG dengan nuansa 2D yang menarik untuk dimainkan. Selanjutnya akan memasukkan unsur sejarah saat pembuatan permainan dengan melalui seperti melakukan quest, membaca dialog, melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, dan banyak lainnya. Dengan menggunakan metode pengembangan game Game Development Life Cycle (GDLC) yang mana terdiri dari 6 fase, dimana setiap fasenya disusun dengan sistematik. Dengan memiliki target anak remaja sebagai responden, maka setelah melakukan ujicoba dari 30 anak remaja didapatkan hasil skor 79 yang mana menunujukkan bahwa perancangan game RPG ini layak bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game RPG, Sejarah, RPG Maker MV, GDLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: 1461700112 Muhammad Fikri Bachtiar
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:28
Last Modified: 21 Jul 2022 03:37
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9713

Actions (login required)

View Item View Item