Kusuma, Laras Hendra (2020) Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
jurnal sebelum di turnitin.pdf Download (140kB) |
|
Text
Jurnal Turnitin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik yang diberikan aparatur pemerintahan kepada masyarakat sangat banyak jenisnya, yang salah satunya pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran. Setiap orang wajib mempunyai identitas diri yang berupa akta kelahiran, dokumen tersebut diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian di antaranya 1. Kelengkapan sarana dan Prasarana, 2. Ketepatan Waktu, 3. Tanggung Jawab. Hasil penelitian di antaranya 1. Kelengkapan sarana dan prasarana tidak lengkap karena pemberkasan akta kelahiran menerapkan sistem elektronik, serta penyediaan ruang tunggu yang terbatas tidak sesuai dengan jumlah masyarakat yang akan datang untuk mengurus administrasi kependudukan. 2. Ketepatan Waktu, proses pembuatan akta kelahiran tidak sesuai dengan Standart Operasional Prosedur kurang lebih waktu yang diperlukan 1 jam 30 menit. Waktu pembuatan akta kelahiran umur 0-4 tahun yang mengurus orang tua maka 30 menit jadi dalam Program SALAM 30 Menit, dan untuk 0-4 tahun yang mengajukan orang lain waktu pembuatannya 14 hari kerja. Hal ini juga berlaku bagi umur di atas 4 tahun yang mengurus orang tua yang bersangkutan. 3. Tanggung Jawab, dalam hal tanggung jawab lebih menekankan pada kepala dinas karena pemimpin harus bertanggung jawab kepada keluhan yang di hadapi oleh masyarakat. jika keluhan tersebut sudah dapat di atasi maka tanggung jawab pemimpin dapat di katakan berhasil. Namun dalam keadaan di lapangan, keluhan masyarakat terkait pelayanan pembuatan akta kelahiran masih banyak. Hal tersebut menjadi tanggung jawab kepala dinas untuk memperbaiki kinerja pegawai atau standart operasional prosedur yang ada. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Akta Kelahiran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan publik, Akta kelahiran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Laras Hendra Kusuma |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 04:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 04:46 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5640 |
Actions (login required)
View Item |