Evaluasi Layanan Kepegawaian pada Aplikasi e-Master untuk Tenaga Kependidikan (Studi pada Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sidoarjo - Kota Surabaya)

Ayu, Diska Paras (2021) Evaluasi Layanan Kepegawaian pada Aplikasi e-Master untuk Tenaga Kependidikan (Studi pada Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sidoarjo - Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (580kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (615kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Layanan di era masa kini tidak lepas dari peran teknologi informasi. Pelaksanaan e-government sudah menjadi keharusan bagi sebuah instansi untuk mempercepat akses dan percepatan pelayanan. Salah satunya di BKD Provinsi Jawa Timur yang mengeluarkan aplikasi eMaster untuk menjembatani layanan kepegawaian bagi seluruh ASN di Provinsi Jawa Timur. Tidak terlepas bagi para guru dan tenaga kependidikan yang baru saja menjadi bagian dari system kepegawaian di eMaster pada tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan kepegawaian pada aplikasi eMaster untuk tenaga kependidikan yang ada di kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada beberapa fasilitator aplikasi eMaster di tingkat Cabang Dinas maupun tingkat sekolah. Menggabungkan teori evaluasi e-Government menurut Mason (1978) dengan stadar pelayanan public menurut Undang –Undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang pelayanan public. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator dalam evaluasi e-Government antara lain faktor pengguna, kepuasan dan kegunaan telah diterapkan dengan beberapa standar pelayanan publik yang sudah terpenuhi. Selanjutnya, dianalasis menggunakan teori evaluasi dari William.N.Dunn yang meliputi efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan. Kesimpulannya, evaluasi pelayanan aplikasi eMaster untuk tenaga kependidikan belum sepenuhnya efektif karene perlu ada beberapa hal yang dibenahi dari segi pengguna baik fasilitator maupun ASN itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, E-Government, evaluasi pelayanan, Aplikasi eMaster,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: 1111700110 Diska Paras Ayu
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:45
Last Modified: 14 Sep 2021 02:45
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item