PENERAPAN ETIKA ADMINISTRASI DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN KUALITAS APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KECAMATAN PABEAN CANTIAN KOTA SURABAYA

Kurniawati, Dewi and Syafi’i, Achmad and Widiyanto, M Kendry (2018) PENERAPAN ETIKA ADMINISTRASI DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN KUALITAS APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KECAMATAN PABEAN CANTIAN KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (302kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa para aparatur sipil negara di Kecamatan Pabean Cantian Surabaya dianggap masih rendah dalam hal kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etika administrasi agar dapat mengembangkan kualitas ASN di Kecamatan Pabean Cantian Surabaya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan eetika administrasi dalam rangka mengembangkan kualitas ASN di Kecamatan Pabean Cantian Surabaya dilakukan dapat diketahui dari beberapa hal, antara lain: a) efisiensi, di mana penggunaan sumber dana digunakan sesuai dengan semestinya, penggunaan sumber dana disesuaikan dengan rencana anggaran yang telah ditetapkan pada periode tahun sebelumnya, melakukan pencatatan pada setiap laporan dana masuk dan keluar untuk kegiatan operasional serta semua dana yang ada digunakan sebagaimana mestinya dan tidak pihak yang menggunakan untuk keperluan pribadi pegawai tersebut; b) membedakan milik pribadi dengan milik kantor, di mana sudah maksimal dalam memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional, adanya kelengkapan sarana dan prasarana tersebut tidak lain untuk memperlancar pelayanan yang diberikan, serta tidak ada pihak-pihak tertentu yang menggunakan sarana dan prasarana di luar tanggung jawab; c) impersonal, di mana hubungan antara pegawai dengan masyarakat selaku pihak yang dilayani adalah baik dan tidak ada konflik pribadi yang dapat menganggu proses pemberian pelayanan; d) merytal system, di mana sistem perekrutan dilakukan berdasarkan kebutuhan dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya terkait dengan sistem perekrutan tersebut; e) responsibel, di mana semua pegawai yang ada telah melakukan tugas dan kewajiban dengan SOP yang ada dan apabila terdapat pegawai yang tidak melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan SOP, maka akan dikenakan sanksi agar pegawai tersebut lebih bertanggungjawab; f) akuntabilitas, di mana anggaran dana digunakan sesuai dengan rencana anggaran dan untuk pelayanan publik; serta g) responsivitas, di mana pegawai selalu bersikap sopan dan ramah saat memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Administrasi, Pengembangan Pegawai, Kualitas Aparatur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:10
Last Modified: 09 Nov 2018 03:10
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item