Aminah, Siti (2020) Prokastinasi Akademik Siswa SMK Ditinjau Dari Ketertarikan Akademik dengan Self-Regulated Learning Sebagai Variabel Antara. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
JURNAL PENELITIAN.pdf Download (834kB) |
|
Text
JURNAL TURNITIN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara variabel ketertarikan akademik dengan prokrastinasi akademik siswa SMK melalui self-regulated learning sebagai variabel antara. Populasi penelitian ini berjumlah 220 siswa kelas X SMK di Kota Nganjuk dan sampel penelitian berjumlah 137 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah ketertarikan akademik dan variabel terikat adalah prokrastinasi akademik. Sedangkan variabel antara dalam penelitian ini adalah self-regulated learning. Pengambilan data menggunakan skala psikologis, antara lain: skala prokrastinasi akademik yang diambil dari empat indikator prokrastinasi akademik menurut teori Ferrari (1991). Skala ketertarikan akademik diambil dari aspek ketertarikan teori Brigham (1990); Suryanto, dkk (2012); dan peneliti yang kemudian dikembangkan dan dikaitkan dengan bidang-bidang akademik (mata pelajaran, guru, metode belajar dan lingkungan belajar). Skala self-regulated learning diambil dari tiga aspek self-regulated learning yang disusun berdasarkan teori Zimmerman (1994). Hasil analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis jalur (path analyzis). Hasil penelitian menyatakan: 1)terdapat hubungan negatif dan signifikan antara ketertarikan akademik dengan prokrastinasi akademik; 2)terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketertarikan akademik dengan self-regulated learning; 3)terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik; 4)variabel self-regulated learning tidak dapat menjadi mediator antara ketertarikan akademik terhadap prokrastinasi akademik. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Ketertarikan Akademik, Self-Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Ketertarikan Akademik, Self-Regulated Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Psikologi |
Depositing User: | 1531800009 Aminah Siti |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 01:32 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 01:34 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9371 |
Actions (login required)
View Item |