Azizah, Risna nur (2018) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (924kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (295kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (143kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bukti empiris tentang (1) pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), (2) Pengaruh leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), (3) Pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), dan (4) Pengaruh media exposure terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2014-2016. Sampel penelitian adalah sebanyak 20 perusahaan dengan 60 observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Didalam penelitian ini variabel penelitian yang digunakan adalah profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA), leverage yang diukur dengan Total Debt To Total Assets (TDA), manajemen laba yang diukur dengan Discretionary Accrual (DA), dan media exposure yang diukur dengan variabel dummy. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), leverage tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), manajemen laba tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), dan media exposure berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Pada koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R square sebesar 0,478 atau 47,8% yang berarti kemampuan variabel profitabilitas, leverage, manajemen laba, media exposure dalam menjelaskan variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel dependen dikatakan masih lemah karena memiliki R < 0,5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profitabilitas, leverage, manajemen laba, media exposure, pengungkapan CSR. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | 145539 dian andi lesmana |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 11:54 |
Last Modified: | 11 Jul 2018 11:54 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |