Dofir, Adiyat Priyat (2020) Perancangan SMK Inklusif Bidang Pariwisata Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Image
Halaman Judul.jpg Download (1MB) |
|
Image
02 - Cover Dalam.jpg Download (271kB) |
|
Image
03 - Halaman Judul.jpg Download (260kB) |
|
Image
04 - Halaman Persetujuan.jpg Download (446kB) |
|
Image
05 - Halaman Pengesahan.jpg Download (463kB) |
|
Image
06 - Orisinalitas.jpg Download (351kB) |
|
Image
07 - Publikasi.jpg Download (843kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_00_2Kata Pengantar_1.15.pdf Download (213kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_01_BAB I_1.15.pdf Download (184kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_02_BAB II_1.15.pdf Download (1MB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_03_BAB III_1.15.pdf Download (117kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_04_BAB IV_1.15.pdf Download (4MB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_05_BAB V_1.15.pdf Download (33kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_06_Daftar Pustaka_1.15.pdf Download (96kB) |
|
Text
Laporan TA_Adiyat_07_Lampiran.pdf Download (7MB) |
|
Text
Fakultas Teknik_1441502043_Adiyat Priyat Dofir.pdf Download (1MB) |
|
Text
Turnitin_Jurnal Ilmiah_1441502043_Adiyat Priyat Dofir.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak setiap warga negara namun dalam pelaksanaannya tidak semua warga negara mendapatkan akses pada pendidikan yang layak. Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah salah satunya. Pendidikan inklusif adalah salah satu usaha menyelesaikan permasalahan pendidikan layak bagi ABK. Namun realitasnya jumlah fasilitas pendidikan inklusif berbanding terbalik dengan banyaknya ABK yang membutuhkan akses pendidikan tiap tahunnya. Pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan yang membaurkan siswa reguler dan siswa ABK pada satu kelas untuk belajar bersama dan berinteraksi dengan sesamanya tanpa diskriminasi. Perancangan SMK Inklusif ini didasarkan pada kebutuhan ABK untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. SMK Inklusif ini dirancang dengan menerapkan prisip kemudahan akses bagi pengguna. Kemudahan akses ini bertujuan untuk mendukung kegiatan dari SMK Inklusif yang didalamnya terdapat empat Program Keahlian dengan tujuh Kompetensi Keahlian. Masing-masing program keahlian ditempatkan pada satu massa bangunan tiga lantai dengan masing-masing lantai memiliki fungsi tertentu. Penataan tersebut bertujuan agar pola perpindahan pengguna, terutama siswa ABK, lebih mudah dalam pelajaran teori dan praktek. Dengan kemudahan akses tersebut diharapkan siswa, terutama siswa ABK, mampu memahami pelajaran yang diberikan sekaligus bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dengan baik. Kata Kunci – SMK, pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus, Kemudahan Akses
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMK, pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus, kemudahan akses |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Adiyat Priyat Dofir |
Date Deposited: | 31 May 2021 01:35 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:37 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9231 |
Actions (login required)
View Item |