Penyeimbangan Lini Proses Produksi Seat Cover Menggunakan METODE RPW dan SIMULASI ARENA

Sulun, Ahmad Syaiful (2018) Penyeimbangan Lini Proses Produksi Seat Cover Menggunakan METODE RPW dan SIMULASI ARENA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (760kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (6MB)

Abstract

CV. Sumber Jaya Sakti adalah salah satu produsen seat cover dan karpet yang bekerja sama dengan beberapa dealer otomotif roda empat dan beberapa Rent Car yang berada di wilayah Jawa Timur. Pada proses produksi seat cover dan karpet terdapat beberapa proses dengan tenaga manusia sebagai operator di setiap stasiun kerjanya. Selama proses produksinya, perusahaan tersebut sering mengalami keterlambatan pemenuhan order yang tepat waktu disebabkan oleh adanya penumpukan bahan baku di dalam proses produksinya dengan kata lain telah terjadi ketidakseimbangan lintasan produksinya. Dari hasil perhitungan waktu baku dalam proses produksi seat cover dan karpet didapatkan masing-masing selama 199.05 menit dan 94.81 menit. Line balancing dilakukan untuk mengurangi balance delay yang terjadi pada lini produksi seat cover. Dengan menggunakan metode ranked position weight didapatkan jumlah stasiun yang lebih optimal dibandingkan dengan kondisi awal yaitu dari 5 stasiun menjadi 3 stasiun. Efisiensi lini yang tercapai pada kondisi line balancing sebesar 67.66%. Hal yang sama juga dilakukan untuk mengurangi balance delay yang terjadi pada lini produksi karpet. Dengan menggunakan metode ranked position weight didapatkan jumlah stasiun yang lebih optimal dibandingkan dengan kondisi awal yaitu dari 5 stasiun enjadi 3 stasiun. Efisiensi lini yang tercapai pada kondisi line balancing sebesar 64.56%. Pada penelitian ini simulasi dilakukan dikarenakan nilai balance delay dan terdapat idle time pada metode line balancing dirasa masih relatif besar. Simulasi telah dilakukan dengan tiga kondisi antara lain kondisi awal, skenario perbaikan 1, dan skenario perbaikan 2. Dari hasil simulasi ketiga kondisi tersebut, skenario perbaikan 2 yang memiliki hasil paling optimal dikarenakan jumlah order yang masuk dapat terpenuhi seluruhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Line Balancing, Rank Position Weight (RPW), Simulasi Arena
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 04 Sep 2018 12:15
Last Modified: 04 Sep 2018 12:18
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item