Perancangan Game Visual Novel "Coconut Kids" Sebagai Sarana Edukasi Pelestarian Alam Dengan Metode Finite State Machine

Tirtana, Arief (2020) Perancangan Game Visual Novel "Coconut Kids" Sebagai Sarana Edukasi Pelestarian Alam Dengan Metode Finite State Machine. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (908kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang di rilis oleh UNESCO, tingkat literasi di Indonesia masih tergolong rendah dimana Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara. Kemampuan literasi di Indonesia dapat ditingkatkan dengan berbagai pendekatan, salah satunya dengan media game. Visual novel merupakan salah satu genre game yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemainnya karena memiliki aspek storytelling yang dipadukan dengan gambar serta musik sehingga pemain diharuskan membaca setia dialog untuk memahami alur game. Rendahnya sikap masyarakat Indonesia terhadap pelestarian alam yang mengakibatkan banyak kerusakan terhadap alam juga menjadi latar belakang penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu, pembuatan visual novel “Coconut Kids” mengambil tema cerita pelestarian alam sebagai sarana edukasi untuk pemain. Perancangan visual novel “Coconut Kids” menggunakan metode Finite State Machine untuk membuat prinsip kerja storytelling pada visual novel berdasarkan state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi) sehingga dapat membagi storytelling menjadi beberapa skenario dengan ending yang berbeda-beda. Pembuatan game visual novel menggunakan Ren’Py dengan bahasa pemrograman python. Penelitian ini menghasilkan sebuah game visual novel “Coconut Kids” sebagai media edukasi untuk meningkatkan literasi serta kesadaran pemain terhadap kelestarian alam. Pengujian menggunakan blackbox testing serta tes usabilitas untuk mengetahui interaksi antara pemain dengan game visual novel. Kritik dan saran dari beberapa pihak juga disajikan paad penelitian ini dan dapat menjadi evaluasi untuk pengembangan game visual novel kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Game Visual Novel, Pelestarian Lingkungan, Python, Ren’Py ,Storytelling
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Arief Tirtana
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:15
Last Modified: 09 Sep 2020 07:15
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item