Studi Ekperimental Pengaruh Bukaan Katup Burner Non Premix Dan Penambahan Selubung Udara Terhadap Distribusi Temperatur Non Premix “Turbulen Flame”

Ibrahim, Fahmi (2018) Studi Ekperimental Pengaruh Bukaan Katup Burner Non Premix Dan Penambahan Selubung Udara Terhadap Distribusi Temperatur Non Premix “Turbulen Flame”. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Mesin.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TA Jurnal.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebuah teori ada yang mengatakan bahwa sebuah bentuk aliran api sangat mempengaruhi pola garis ishotermal. Adapun kesulitan menentukan pola garis ishotermal adalah pada distribusi jumlah titik api yang coba diukur dan kestabilan api. Percobaan yang dilakukan terhadap burner non premix tipe semawar 202 memiliki tujuan untuk mengetahui distribusi temperatur api turbulen pada burner. Percobaan dilakukan pada setengah nyala api. Diasumsikan api berbentuk simetris. Pengukuran menggunakan 8 thermocouple dan mengukur setinggi nyala api yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda pada setiap variasi (tanpa selubung, dengan selubung 1, dan dengan selubung 2) serta bukaan katupnya ( ½, ¾, dan penuh ) Hasil percobaan menunjukan bahwa nilai tinggi beban ideal berada pada 8 cm dari burner pada bukaan katup ½ dengan penambahan selubung udara 1, beban ideal berada pada 8 cm dari burner pada bukaan katup ¾ dengan penambahan selubung udara 1 dan untuk bukaan katup penuh peletakan beban ideal pada ketinggian 8 cm dengan penggunaan selubung udara 2. Hal tersebut diperoleh dari data distibusi temperatur dengan kondisi tabung LPG terisi penuh. Konstruksi burner sangat berpengaruh pada profil distribusi temperatur dan bentuk api yang dihasilkan. Konstruksi burner juga berpengaruh terhadap peletakan beban ideal sehingga beban mampu menerima distribusi api yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bukaan katup, Selubung udara,tinggi optimal api
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: S.E ketut mahendranata D
Date Deposited: 13 Mar 2018 12:37
Last Modified: 17 May 2018 11:10
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item