Agatha, Aldis Zahirah (2021) Pengaruh Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Realisasi Pendapatan Pada RS BLUD TAHUN 2017 - 2020 (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PARU SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (420kB) |
|
Text
JURNAL TURNITIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah indeks kepuasan masyarakat berdasarkan keenam unsurnya berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan pada Rumah Sakit BLUD. Enam indikator variable independen dalam penelitian ini adalah persyaratan pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana. Sedangkan variabel dependennya adalah realisasi pendapatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu laporan realisasi penerimaan tahun 2017 – 2020 dari bagian keuangan, serta hasil survei kepuasan masyarakat tahun 2017 – 2020 dari bagian UKM & Litbang. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Dengan menggunakan studi dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji Koefisien Determinasi (R2) dapat disimpulkan bahwa indeks kepuasan masyarakat mampu menerangkan realisasi pendapatan dengan baik sesuai dengan hasilnya yang mendekati 100%. Berdasarkan Uji Regresi Simultan (Uji F) diperoleh nilai 0,048 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau secara bersama, indeks kepuasan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan. Persyaratan Berdasarkan Uji Parsial (Uji T) Layanan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,343 yang berarti lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data sampel tidak berhasil membuktikan hubungan persyaratan layanan terhadap realisasi pendapatan. Waktu pelayanan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,127 yang berarti lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data sampel tidak berhasil membuktikan hubungan waktu pelayanan terhadap realisasi pendapatan. Biaya/tarif pelayanan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,036 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya/tarif pelayanan berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan. Kompetensi pelaksana memiliki nilai signifikansi 0,020 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pelaksana berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan. Perilaku pelaksana memiliki nilai signifikansi 0,044 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku pelaksana berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan. Sarana dan prasarana memiliki nilai signifikansi 0,029 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indeks Kepuasan Masyarakat, Realisasi Pendapatan, dan Rumah Sakit BLUD |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Agatha Aldis Zahirah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 01:40 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:36 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11394 |
Actions (login required)
View Item |