Rancang Bangun Sistem Penggerak Pada Mesin Pengupas Biji Kopi BasaH Dilengkapi dengan Pengayak Biji Kecil Otomatis (Design and Build of the Drive System on the Wet Coffee Bean Peeler Machine Equipped with an Automatic Small Bean Sieve)

Ali, Rohmat (2021) Rancang Bangun Sistem Penggerak Pada Mesin Pengupas Biji Kopi BasaH Dilengkapi dengan Pengayak Biji Kecil Otomatis (Design and Build of the Drive System on the Wet Coffee Bean Peeler Machine Equipped with an Automatic Small Bean Sieve). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (264kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat dengan pesat akan mempermudah pekerjaan manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan pekerjaan. Sehingga pekerjaan manusia yang dikerjakan secara manual terasa berat dan sulit akan lebih ringan dan mudah bila di kerjakan menggunakan mesin yang otomatis. Proses pengupasan buah kopi selama ini masih dikerjakan secara manual, dengan mengunakan mesin pengupas kulit kopi diharapkan waktu yang diperlukan akan menjadi lebih cepat, dan hasil yang di dapatkan menjadi lebih banyak dibandingkan dengan cara manual. Dalam rancang bangun ini langkah pertama yang dilakukan adalah pengamatan dilapangan dan studi literatur. Hasil pengamatan dan studi literatur tersebut menjadi dasar dalam pembuatan komponen, dan mekanisme mesin itu sendiri. Mesin pengupas kopi ini ditenagai oleh motor listrik dengan daya 1hp 1400 rpm yang digunakan untuk menggerakan rol pengupas yang terhubung dengan pulley dan menggerakkan pengayak yang bertujuan untuk memisahkan biji kopi kecil dengan kulit kopi. Pada penelitian ini akan difokuskan pada perancangan elemen mesin diantaranya motor penggerak, bantalan, dan poros engkol. Ketika motor listrik dihidupkan maka puli dari motor listrik akan berputar dan ditransmisikan ke puli yang akan menggerakkan poros pengupas dan poros engkol. Kemudian dari poros engkol di transmisikan ke tempat pengayak dan biji kopi akan terpisah dari kulit dengan sendirinya. Dari hasil perhitunagan di dapatkan hasil untuk memenuhi kebutuhan daya mesin pengupas biji kopi sebesar 0,89 hp, pada mesin ini akan menggunakan daya sebesar 1 hp dengan putaran 1400 rpm, dan hasil perhitungan bantalan yang menggunakan UCP 205 didapatkan umur bantalan 1 mencapai 2.908 jam dan bantalan 2 sebesar 5000 jam, Jika penggunaan mesin dalam sehari hanya digunakan 8 jam dan 26 hari keja dalam satu bulan maka sebaiknya penggantian bantalan1 dilakukan dalam 1,1 tahun sekali dan bantalan 2 dilakukan pergantian dalam 2 tahun sekali, sedangkan perhitungan beban keseluruhan pada ayakan didapatkan sebesar17,459 Kg, putaran yang dibutuhkan untuk menggerakkan pengayak yang berfungsi untuk memisahkan biji kopi kecil dari kulitnya mencapai 350 rpm dengan kecepatan 350 rpm maka pergerakan pengayak tidak terlalu cepat sehingga dalam proses pengayakan biji kopi tidak akan terpental dari pengayak. Dari hasil uji coba dilakukan pengujian alat menggunakan 0,25 kg biji kopi basah dibutuhkan waktu selama 3 detik, dengan demikian kapasitas sesuai dengan hasil pengujian adalah 300 kg/jam. Hasil tersebut menunjukan target terpenuhi, namun agar membatasi performansi alat pengupas kopi pada kondisi optimalnya, maka peneliti menetapkan kapasitas alat pengupas kopi pada kinerja 120 kg/jam. Kata Kunci: Perencanaan mesin, mesin pengupas kulit kopi, kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Mesin, Mesin Pengupas Kulit Kopi, Kopi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Vokasi > Teknik Manufaktur
Depositing User: 211180026 Rohmat Ali
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:17
Last Modified: 01 Jul 2022 03:39
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item