Rancang Bangun Mesin Pemotong Keramik dengan Sistem Sliding (Design and Build Ceramic Cutting Machine with Sliding System)

Rizqi, Khoirul (2021) Rancang Bangun Mesin Pemotong Keramik dengan Sistem Sliding (Design and Build Ceramic Cutting Machine with Sliding System). Diploma thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keramik adalah istilah yang menjelaskan suatu produk yang terbuat dari bahan dasar tanah liat yang kemudian dibentuk dengan teknik tertentu. Suatu benda yang terbuat dari yanah liat ini akan disebut keramik apabila telah melewati proses pembakaran dengan suhu yang tinggi. UD. sumber Agung merupakan salah satu Industri Keramik Potongan yang mengolah Keramik cacat atau pecah sebagian baik keramik lantai ataupun keramik dinding yang diperoleh dari sebuah Perusahaan Pembuatan Keramik menjadi suatu Produk Keramik. Selama ini pemotongan menggunakan Tile Cutter Manual sehingga menghasilkan pemotongan yang tidak rata/lurus proses pengukuran juga dilakukan manual serta pengoperasiannya yang membutuhkan tenaga lebih karena menekan dan mendorong cutting tools secara bersamaan. Karena itu perlu dilakukannya perancangan mesin pemotong keramik yang memperhatikan hasil produk yang lebih baik serta keselamatan dan kenyamanan dari para operator. Prinsip kerja dari mesin ini yaitu dari motor yang akan meneruskan daya ke pisau potong melalui transmisi pulley dan belt lalu ke poros pisau potong. Cara kerja mesin ini yakni dengan mendorong meja meja slider menghampiri pisau potong secara manual untuk pemotongan. Dengan adanya mesin ini diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman terhadap operator dan membuat proses pemotongan lebih mudah serta menghasilkan pemotongan yang lebih baik. Dari hasil perancngan elemen mesin yang telah dilakukan dalam perancangan mesin pemotong keramik dengan sistem sliding didapatkan hasil : motor penggerak yang digunakan yaitu 1HP dengan kecepatan putar 2900 rpm, diameter poros 25mm dengan bahan ST41, penampang pulley yang dipakai tipe-A dengan diameter pulley kecil 65mm dan diameter pulley besar 260mm, panjang sabuk 1.332,582mm dengan nomor 52. Bantalan yang digunakan adalah jenis bantalan ucp dengan nomor P204 dengan umur bantalan kiri yang digunakan mesin adalah Maka didapatkan umur bantalan kiri yang digunakan mesin adalah 30.295,040 jam, pengoperasian mesin dilakukan 8 jam/hari dan 26 hari kerja/bulan maka didapatkan umur bantalan 12,13 Tahun, sedangkan untuk bearing kanan didapatkan umur 91.904 jam maka didapatkan umur bantalan 36,82 tahun. Produk yang dihasilkan dari mesin ini didapatkan hasil yang lebih baik serta Memberikan keamanan dan kenyamanan dalam mengoperasikannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemotong, Keramik, Sliding
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Vokasi > Teknik Manufaktur
Depositing User: 211180015 Khoirul Rizqi
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:02
Last Modified: 01 Jul 2022 01:49
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item