Implementasi Kebijakan PERMEN-KP No 2 Tahun 2015 tentang Larangan Alat Nelayan Cantrang di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Anggi, Wikan Titih Anggia (2021) Implementasi Kebijakan PERMEN-KP No 2 Tahun 2015 tentang Larangan Alat Nelayan Cantrang di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
abstract.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Weru merupakan salah satu desa di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan yang penduduknya mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Alat penangkapan yang digunakan yaitu cantrang dan jaring, dimana alat tersebut dapat merusak ekosistem laut . Sehingga Kementerian kelautan dan perikanan menerbitkan Permen-Kp No 2 Tahun 2015 Tentang larangan alat nelayan cantrang dengan tujuan menunjukkan bentuk dari pemerintah daalm meningkatkan hasil penangkapan ikan para nelayan dengan menggunakan alat tangkap yang ramah Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori implementasi kebijakan yang di kemukakan oleh Van Meter dan Van Horn dimana variabel yang menentukan keefektifan implementasi adalah ukuran dan Tujuan kebijakan, sumber daya, Hubungan antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, Sikap/Kecenderungan Para Pelaksana dan lingkungan ekonomi,sosial. Peneliti juga menganalasis dari faktor penghambat implementasi kebijakan tersebut yang dikemukakan oleh Sunggono, dan Faktor pendukung implementasi kebijakan dikemukakan oleh James Anderson. Implementasi Kebijakan Pelarangan Alat Tangkap Cantrang menimbulkan penolakan dari masyarakat di karenakan kebijakan tersebut dinilai masih belum adanya solusi yang pasti hingga sampai saat ini. Terlebih lagi, kebijakan tersebut justru mengakibatkan masyarakat nelayan semakin sengsara dikarenakan alat tangkap pengganti yang tidak sesuai dengan Sumberdaya yang di pakai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pelarangan Alat Tangkap Cantrang, Nelayan Cantrang,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: 1111700145 Wikan Titih Anggia
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:49
Last Modified: 17 Sep 2021 01:49
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item