Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Sentra Ikan Bulak Kenjeran Surabaya Terhadap Peningkatan Perekonomian

Kurnia, Ayustin (2020) Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Sentra Ikan Bulak Kenjeran Surabaya Terhadap Peningkatan Perekonomian. Undergraduate thesis, 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi Perekonomian dan Pemberdayaan UMKM Pasar Sentra Ikan Bulak Surabaya dalam mengembangkan Sentra Ikan Bulak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan yang didapat berasal dari Pelaku UMKM di Sentra Ikan Bulak dan Pembeli. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian dilakukan teknik triangulasi data untuk memeriksa validitas. Hasil dari penelitian adalah faktor yang perlu diketahui Penciptaan Iklim Usaha yang Kondusif, Pemerintah perlu mengupayakan terciptanya iklim yang kondusif, Bantuan Permodalan, Pemerintah perlu memperluas skim kredit khusus dengan syarat-syarat yang tidak memberatkan bagi UKM, untuk membantu peningkatan permodalannya, Perlindungan Usaha, jenis usaha tradisional yang merupakan usaha golongan ekonomi lemah, harus mendapatkan perlindungan dari Pemerintah. Pengembangan Kemitraan, perlu dikembangkan kemitraan yang saling membantu antara UKM dengan pengusaha besar di dalam negeri maupun diluar negeri, untuk menghindarkan terjadinya monopoli dalam usaha. Pelatihan, Pemerintah perlu meningkatkan pelatihan bagi UKM baik dalam aspek kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan serta keterampilannya dalam pengembangan usahanya. Bahwa Pasar Sentra Ikan Bulak perlu strategi pengontrolan para pelaku UMKM agar pemberdayaan dan perekonomian di Pasar Sentra Ikan Bulak menjadi pasar yang meningkat dalam perekonomian dan pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ayustin Kurnia .
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:47
Last Modified: 16 Sep 2021 02:00
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item