Al Farisi, Ahmad Salman (2021) Penerapan Prinsip Good Governance Pada Kantor Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK (SALMAN).pdf Download (700kB) |
|
Text
BAB 1 (SALMAN).pdf Download (78kB) |
|
Text
BAB 2 (SALMAN)-.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB 3 (SALMAN)-.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB 4 (SALMAN)-.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 (SALMAN)-.pdf Download (85kB) |
|
Text
LAMPIRAN (SALMAN)-.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL (SALMAN)-.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL DENGAN UJI TURNITIN (SALMAN).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kunci sukses dari penerapan good governance adalah menerapkan prinsip-prinsip yang sudah dikemukakan oleh UNDP (United Nation Development Programme. Prinsip tersebut terdiri atas 9 poin yaitu : partisipasi masyarakat, supremasi hukum, transparansi, daya tanggap, orientasi pada konsensus, kesetaraan, efektifitas dan efisiensi, akuntabilitas dan visi strategis. Kota Surabaya sendiri pernah mendapat penghargaan sebagai kota yang sudah menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik di level dunia. Namun fakta di lapangan masih di temukan banyak prinsip good governance yang belum diterapkan, oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai penerapan prinsip good governance di instansi pusat di Kota Surabaya. Pada penelitian ini objek yang dipilih adalah Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah, karena instansi ini adalah bagian sentral dari proses penyelenggaraan pemerintahan dan otonomi di Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada 2 prinsip yang tidak diterapkan dengan baik disana yaitu transparansi dan efisiensi, seperti akses informasi yang terbatas kepada masyarakat karena hanya aplikasi SITOMAS saja yang bisa diakses oleh masyarakat, dengan alasan aplikasi yang lain berkaitan dengan data internal instansi. Kemudian untuk efisiensi, terkadang banyak tugas yang tumpang tindih karena ada banyak pengaduan masyarakat yang datang ke kantor BAPOD padahal itu bukan tugas dan wewenaang mereka, akibatnya banyak tugas yang tidak terselesaikan sesuai deadline.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Prinsip Good Governance, Kota Surabaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | 1111700024 Ahmad Salman Al Farisi |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:43 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 02:43 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10627 |
Actions (login required)
View Item |