Hubungan Antara Kecemasan Belajar Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19

Sharaswati, Novia (2021) Hubungan Antara Kecemasan Belajar Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Hubungan Antara Kecemasan Belajar Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. pp. 1-103.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II-converted.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV-converted.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lampiran-converted.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal-novia sharas 1511600088.pdf

Download (158kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan belajar adalah perasaan cemas saat seseorang belajar yang timbul karena adanya tekanan dan ketidakmampuan dalam menghadapi masalah. Kecemasan yang sering terjadi pada mahasiswa adalah saat mereka menghadapi sesuatu hal seperti ujian, kecemasan dapat berkurang apabila individu tersebut dapat menguasai pelajaran yang diikutinya, belajar bagi seorang pelajar adalah proses yang berkelanjutan. Hal ini karena proses belajar bagi seorang pelajar harus diikuti bukan hanya kesiapan fisik melainkan mental dan pikiran. Adanya kecemasan yang timbul akan berpengaruh pada tinggi rendahnya motivasi belajar siswa tersebut. Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan belajar dan menghasilkan apa yang diharapkan. Dari motivasi tersebut akan mendorong mahasiswa untuk terus belajar agar mencapai tujuan yang diharapkan. Mengacu dari uraian tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian tentang “Hubungan Antara Kecemasan Belajar Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID 19”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan kecemasan belajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi Covid 19. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan data yang diperoleh dari Biro Akademik dengan jumlah angkatan tahun 2020 sebanyak 277 mahasiswa. Pengambilan sampel sebanyak 164 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin dan metode kuota sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : 1) Motivasi belajar dan 2) Kecemasan belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kecemasan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: 1511600088 Novia Sharaswati
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:23
Last Modified: 14 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item