Representasi Hegemoni Kiai Dalam Vidio Kampanye Bangkalan Sejahtera pada PILKADA 2018.(ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Mardhatillah, Mei Ika (2021) Representasi Hegemoni Kiai Dalam Vidio Kampanye Bangkalan Sejahtera pada PILKADA 2018.(ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (808kB)
[img] Text
Jurnal-Mei Ika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
Jurnal Turnitin-Mei Ika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sejak orde baru peran Kiai tidak hanya sebagai pemuka agama (guruh) saja, melainkan juga mengalami pergeseran mencapai posisi di tatanan politik sebagai pemimpin daerah (ratoh). Sebagai sosok yang memiliki penghormatan khusus di masyarakat Kiai sering kali melakukan pengendalian dengan cara konsensus. Posisi inilah yang digunakan serta dimanfaatkan oleh Ra Latif sebagai Calon Bupati Bangkalan untuk mempengaruhi masyarakat melalui hegemoni. Dengan membentuk kesadaran kesamaan pengakuan kelompok intelektual organik melalui penggunaan simbol dan tanda pada tayangan video kampanye Bangkalan Sejahtera. Adapun untuk mendukung penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotik dan paradigma kritis. Melalui padangan Charles Sanders Peirce untuk menguak representamen (qualisign, sinsign, legisign), object (ikon, indeks, simbol), interpretant (rheme, dicent, argument). Yang mana peneliti hendak menguak representasi hegemoni kiai pada penggunaan simbol dan tanda pada video kampanye. Kemudian hasil analisis diulas kembali dengan pandangan Gramsci mengenai hegemoni. Objek penelitian ini kanal youtube Bangkalan Sejahtera, yang menjadi kanal resmi selama kampanye berlangsung. Melalui 5 video unggahan dan 12 scene unit analisis yang telah ditentukan ditentukan. Hasil dari penelitian ini Ra Latif merepresentasikan hegemoni kiai. Hegemoni kiai yang ditampilkan melalui penggunaan tanda atribut keagamaan, budaya santri, serta pemanfaatan silsilah genealogis melalui kharisma kakek buyutnya KH. Kholil Bangkalan yang selalu dibawa dalam kampanye. Ra Latif mebangun kesamaan akan fungsinya melalui bentuk pengakuan dengan kalangan intelektual organik. Kata kunci : Kiai, Hegemoni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mei Ika Mardhatillah
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:13
Last Modified: 10 Sep 2021 02:16
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item