Analisis Perencanaan Produksi Dengan Pendekatan Metode Rough Cut Capacity Planning Pada UD.Mandiri Guna Memenuhi Permintaan Konsumen

Denis, Denis Ninggar Widyanto (2021) Analisis Perencanaan Produksi Dengan Pendekatan Metode Rough Cut Capacity Planning Pada UD.Mandiri Guna Memenuhi Permintaan Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Jurnal Tugas Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Hasil Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Didalam dunia perindustrian produk industri mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dari pada sektor lain. Hal ini dikarenakan produk industri sangat beragam dan memberikan nilai dan manfaat yang tinggi bagi masyarakat UD. Mandiri merupakan perusahaan bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi parutan kelapa dan pemotong singkong. UD. Mandiri saat ini memiliki permasalahan dalam pemenuhan permintaan konsumen. Mengingat besarnya tingkat permintaan konsumen, maka perusahaan harus memperbaiki jadwal produksi yang tepat guna meningkatkan kapasitas produksi perusahaan, karena dapat diketahui bahwa perencanaan jangka panjang masih belum dimiliki perusahaan sehingga kapasitas produksi belum sempurna, permasalahan ini berakibat pada proses produksi tidak terkendali dan perusahaan terlmabat untuk memenuhi permintaan konsumen. Oleh karena itu perlu diadakan kajian evaluasi dalam rangka mengidentifikasi pemenuhan permintaan konsumen terhadap produk parutan kelapa dan pemotong singkong. Usulan yang dilakukan adalah perencanaan kebutuhan kapasitas produksi dengan pendekatan Rough cut Capacity Planning (RCCP) guna memenuhi pemesan. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam memenuhi permintaan yaitu meramalkan berapa permintaan konsumen yang akan dibutuhkan setiap bulannya setelah dilakukan pengolahan data. Peneliti melakukan peramalan menggunakan 3 metode yaitu Exponential Smoothing With Trend, Moving Average (MA), dan Exponential Smoothing, setelah memilih metode Moving Everage dengan Nilai MAD Pemarut kelapa sebesar 37,963 dan metode Exponential Smoothing dengan Nilai MAD Pemotong Singkong 46,117, maka dapat diketahui jumlah permintaan yang dibutuhkan perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen sebanyak 4.321 unit Pemarut kelapa dan 2.799 unit Pemotong Singkong dengan total 7.120 unit. Langkah selanjutnya melakukan perhitungan kebutuhan sumber daya untuk memaksimal hasil perencanaan produksi perusahaan memiliki waktu yang tersedia 985,6 jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rough cut capacity planning, peramalan, kapasitas poduksi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: 1411700016 Denis Ninggar Widyanto
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:02
Last Modified: 09 Sep 2021 01:03
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item