STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI

Ibtisam, Ibtisam (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (167kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Majalah Panjebar Semangat merupakan majalah berbahasa Jawa yang pertama kali diterbitkan di Surabaya pada hari Sabtu, tanggal 2 September 1933 atas prakarsa dari Dr. Soetomo, beliau adalah pahlawan nasional perintis pergerakan kemerdekaan sekaligus ketua pertama organisasi Boedi Oetomo. Hingga saat ini majalah Panjebar Semangat mampu bertahan selama 84 tahun dan bersaing dengan majalah lainnya. Dengan ini penulis ingin meneliti lebih lanjut terkait bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan tersebut sehingga dapat mempertahankan eksistensinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) oleh Tom Brannan yang terdiri dari : periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung, public relations, pemasaran langsung, pemasaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisis berdasarkan teori yang digunakan menghasilkan bahwa perusahaan majalah Panjebar Semangat hanya menerapkan empat komponen saja dari enam elemen yang ada, dapat diartikan eksistensi majalah Panjebar Semangat tidak tergatung pada dua elemen IMC yakni pemasaran personal, dan public relations. Dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa temuan tentang penyebab eksistensi majalah Panjebar Semangat sampai saat ini terjaga. Penemuan tersebut diantaranya ; 1). peran penggemar fanatik, 2). penggunaan bahasa Jawa Ngoko Alus yang cocok untuk sasaran pembacanya 3). konten yang dimuat dalam majalah mengandung informasi dan berita yang bukan hanya meliputi wilayah Surabaya melainkan meliputi wilayah seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:11
Last Modified: 09 Nov 2018 03:11
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item