Evaluasi Kebijakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso

Syamsul, Mahrus (2020) Evaluasi Kebijakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso. Doctoral thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (919kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
JURNAL INTERNASIONAL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (87kB)

Abstract

Disertasi ini merupakan penelitian dengan tujuan untuk: (1)mengungkap dan mendiskripsikan tingkat efektifitas pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, (2) mengidentifikasi dan mendikripsikan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan USBN, (3) mendiskripsikan dampak pelaksanaan USBN, (4) menentukan rekomendasi kebijakan pelaksanaan USBN. Sedangkan Model evaluasi yang penulis pakai adalah Model CIPP (Evaluation Context, Input, Process, and product). Yang menjadi obyek penelitian adalah lembaga pelaksana USBN berbasis smartphone. Informan utama adalah dari dalam lembaga pelaksana ujian sekolah berbasis smartphone. Sedangkan informan di luar obyek penelitian, juga akan dilibatkan dalam rangka pemberian masukan yang berhubungan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data memakai (1) Observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, (4) Triangulasi. Adapun instrumen penelitian : peneliti itu sendiri, pedoman wawancara, dan alat rekaman. Melalui model evaluasi CIPP ditemukan hasil penelitian tentang Efektifitas USBN berbasis smartphone meliputi : (1) Sebanyak 100 % peserta ujian berbasis smartphone merasa senang ujian sekolah memakai HP. Siswa merasa enjoy pada saat ujian memakai HP. Peserta ujian merasa tidak tegang pada waktu mengerjakan soal dengan memakai HP, (2) Ujian sekolah yang menggunakan smartphone sama sekali tidak ditemukan laporan negatif, (3) Ujian berbasis smartphone jauh lebih efektif dibanding pelaksanaan ujian menggunakan kertas pensil. Bahkan lebih efektif dibanding ujian menggunakan komputer. Adapun faktor-faktor penghambat meliputi: (1) Tidak ada penekanan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (2) Adanya praduga salah dari sebagian guru. Sedangkan dampaknya: (1) Jika telah terinstal aplikasi Exambro, maka dampaknya seluruh aplikasi yang ada di smartphone akan tertutup, (2) Guru tidak lagi repot-repot mengoreksi dan tidak perlu mengolah nilai. (3) Soal akan tampil di layar smartphone peserta ujian secara acak. Siswa tidak ada yang saling bertanya atau saling kerja sama, Integritas peserta dalam melaksanakan ujian sekolah mencapai 100%. Nilai bisa diketahui sedetik kemudian setelah ujian. Adapun rekomendasi kebijakan : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tidak sekedar menyarankan, tetapi menekankan kepada para kepala sekolah untuk melaksanakan USBN berbasis Smartphone.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kebijakan, Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Doktor Ilmu Administrasi
Depositing User: Mahrus Syamsul
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:01
Last Modified: 16 Apr 2021 01:01
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item