Hasan, Taufik (2021) Strategi Pengembangan UMKM Batik Kampung Tajung Desa Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (484kB) |
|
Text (JURNAL)
Teknik Industri_1411600017_Taufik Hasan (1).pdf Download (702kB) |
|
Text (JURNAL TURNITIN)
STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BATIK KAMPUNG TAJUNG DESA TANJUNG BUMI KECAMATAN TANJUNGBUMI KABUPATEN BANGKALAN MADURA.pdf Download (2MB) |
Abstract
UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran serta memajukan perekonomian Indonesia. Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan 90% pelaku usahannya berasal dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu berkontribusi 11% dari total produksi di Jawa Timur. Upaya terus untuk mengembangkan usahanya, UMKM Batik Kampung Tajung harus mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainnya. Oleh karena itu UMKM Batik Kampung Tajung harus lebih kreatif dan inovatif supaya mampu menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan dan menganalisis strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi pesaing pada UMKM Batik Kampung Tajung dengan menggunakan metode analisis matriks IFE dan EFE serta QSPM. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Metode penelitian menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT serta matrik QSPM. Matriks IE dan SWOT digunakan untuk perencanaan alternatif strategi sedangkan matriks QSPM digunakan untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian ditunjukkan oleh (1) Faktor internal yang dihadapi UMKM Batik Kampung Tajung dan Faktor internal ini terdiri dari kekuatan dan kelemahan sebagai adalah: SDM yang Mandiri (tidak bergantung pada dinas pemerintahan untuk menjalankan pemodalan), Loyalitas para pengrajin sangat tinggi kepada pemilik UMKM untuk selalu menghasilkan batik yang bagus (lebih dari 10 tahun bekerja pada satu UMKM), (2) Faktor eksternal yang dihadapi UMKM Batik Kampung Tajung adalah: Perhatian dari pemerintah yang terkesan pasif, Belum ada bahan baku pengganti (subtitusi) yang lebih murah dan aman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks QSPM |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | 1411600017 Taufik Hasan |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 22:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 22:26 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8445 |
Actions (login required)
View Item |