TUGAS AKHIR ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK POROS BALING-BALING KAPAL (STUDI KASUS DI UD.BINTANG TIMUR MENGANTI, GRESIK)

Pangestu, Dwi Armanto (2021) TUGAS AKHIR ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK POROS BALING-BALING KAPAL (STUDI KASUS DI UD.BINTANG TIMUR MENGANTI, GRESIK). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK(3).pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

UD. Bintang Timur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri manufaktur yang beralamatkan di Desa Pelem Watu RT.03 RW.02 Menganti, Gresik. UD. Bintang Timur memproduksi berbagai alat industry manufaktur seperti poros baling-baling kapal, pencabut bulu ayam, pemarut kelapa, grinding kompos dan mixer beton (molen). Selama ini perusahaan memproduksi produk sesuai dengan pesanan yang diterima (Job Order). Untuk penentuan harga jual produk perusahaan menentukannya dengan cara menghitung sesuai dengan berapa banyak bahan baku yang digunakan tiap produk sehingga harga produk tidak tetap (naik-turun) mengikuti harga pasar. Selain harga bahan baku yang menentukan harga, merek dan kualitas produk juga mempengaruhi harga jual produk tersebut dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD.Bintang timur adalah door to door atau menemui konsumen secara langsung. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan harga pokok produksi dan penentuan strategi pemasaran pada poros baling-baling kapal dengan menggunakan metode Full Costing,Variable Costing dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, Harga pokok produksi baling baling kapal adalah Rp.225.000/unit dan keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan adalah Rp.25.000/unit. Dari hasil perhitungan menggunakan metode Full Costing diketahui harga pokok produksi produk sebesar Rp.221.553 dan metode variable costing sebesar Rp.220.753.Persentase keuntungan yang didapatkan menggunakan metode Full Costing adalah 13% dan metode Variable Costing 19%. Sedangkan hasil analisis data mengenai posisi perusahaan dengan menggunakan diagram cartesius analisis SWOT menunjukkan bahwa UD.Bintang Timur berada pada titik perpotongan diagonal berada pada kuadran I, menunjukkan bahwa UD.Bintang Timur berada pada kuadran growth oriented strategy dimana kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi,Full Costing,Variable Costing,Strategi Pemasaran,SWOT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411600091 Dwi Armanto Pangestu
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:00
Last Modified: 04 Apr 2024 02:00
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item