Representasi etika pemasaran dalam Film the joneses (analisis semiotika roland barthes)

Aryanto, Ika Wahyuning (2018) Representasi etika pemasaran dalam Film the joneses (analisis semiotika roland barthes). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (386kB)

Abstract

Film The Joneses merupakan karya film pertama Derrick Borte yang tujuan awalnya dibuat untuk menyindir sifat kapitalisme, materialisme, dan konsumerisme yang semakin menggila di kalangan masyarakat Amerika Serikat, namun ada sisi lain yang menarik untuk dikaji yaitu etika keempat tokoh marketer dalam melakukan pemasaran. Berdasarkan konteks diatas, maka rumusan masalahnya adalah bagaimanakah representasi etika pemasaran dalam film The Joneses. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi etika pemasaran dan memahami makna etika pemasaran dalam film The Joneses dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes di-mana peneliti menentukan denotasi, konotasi, dan mitos pada setiap scene yang ada didalam film. Hasil penelitian menunjukkan etika pemasaran direpresentasikan sebagai bentuk pelanggaran seorang marketer terhadap kode etik pemasaran karena tidak terjaganya privasi seorang konsumen, tidak adanya tanggung jawab atas apa yang telah terjadi pada konsumen yang sudah membeli produk yang ditawarkan, mereka membentuk keluarga fiktif (keluarga Jones) demi kepentingan pemasaran produk perusahaannya, berbohong kepada calon konsumen, tidak percaya terhadap timnya, memasarkan produk yang tidak sesuai dengan kualifikasi produk, memberikan dampak negatif kepada konsumennya, serta melarikan diri dari masalah yang sudah dibuatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film, Etika Pemasaran, Semiotika Roland Barthes, Film “The Joneses”
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: 145539 dian andi lesmana
Date Deposited: 01 Oct 2018 09:57
Last Modified: 01 Oct 2018 09:57
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item