Optimasi Kegiatan Bongkar Muat Peti Kemas Pelabuhan Terminal Teluk Lamong Surabaya

Almanar, Yosi (2018) Optimasi Kegiatan Bongkar Muat Peti Kemas Pelabuhan Terminal Teluk Lamong Surabaya. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (719kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terminal Teluk Lamong merupakan salah satu terminal tersibuk yang melayani muatan general cargo dan curah kering yang melayani domestik maupun internasional. Masalah kinerja pelayanan sering dijumpai dalam operasional pelabuhan. Salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan pelayanan adalah lamanya waktu sandar yang dibutuhkan kapal di pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi optimasi penyediaan server untuk mengatasi jumlah antrian kapal di dermaga.Untuk mengoptimalkan penyediaan server maka di lakukan juga perhitungan peramalan pada tahun 2018 dengan metode Regresi Linier. Sedangkan untuk perhitungan optimasi penyediaan server menggunakan Teori Antrian dengan jenis sistem antrian pelayanan ganda. Dari hasil perhitungan optimasi fasilitas pelayanan Pelabuhan Terminal Teluk Lamong saat ini dapat diambil kesimpulan untuk mengatasi penumpukan kapal pada saat proses bongkar muat maka di lakukan perhitungan optimasi server dari perhitungan tersebut didapatkan bahwa dengan banyaknya kapal yang datang pada saat bulan kedatangan tertinggi yang terjadi pada bulan November di dermaga domestik di tahun 2017, dengan jumlah kedatangan kapal domestik sebesar 65 kapal/November 2017, dengan rata-rata sebesar 2.2 kapal/hari, membuat penyediaan server kurang optimal. dan pada saat kedatangan kapal tertinggi pada bulan November sebesar 2.2 kapal/hari, dibutuhkan penambahan server sebanyak 8 server untuk mengoptimalkan waktu pelayanan dermaga saat bulan kedangan kapal tertinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Optimalisasi penyediaan server, Teori antrian
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 01 Oct 2018 09:52
Last Modified: 01 Oct 2018 09:52
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item