Pengaruh Jumlah Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Aspal Kelas II di Kota Surabaya (Studi kasus Jalan Margomulyo, Jalan Mastrip dan Jalan Tanjungsari)

Hermansah, Mohamad Debi (2018) Pengaruh Jumlah Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Aspal Kelas II di Kota Surabaya (Studi kasus Jalan Margomulyo, Jalan Mastrip dan Jalan Tanjungsari). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyebab kerusakan jalan antara lain adalah jumlah kendaraan. Pada umumnya wilayah yang memiliki tingkat lalu lintas yang padat menggunakan jenis perkerasan lentur. Dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan serta diiringi dengan bertambahnya umur jalan dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah kendaraan pada tingkat kerusakan jalan serta hubungannya dengan tingkat kerusakan jalan pada perkerasan lentur. Sehingga kerusakan yang mungkin terjadi dapat diprediksikan lebih awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jumlah kendaraan dan tingkat kerusakan jalan dengan metode regresi. Untuk mendapatkan fungsi hubungan tersebut, nilai R² (koefisien determinasi) yang menunjukkan besarnya pengaruh perubahan variasi volume jenis kendaraan diregresikan terhadap perubahan nilai kerusakan jalan. Penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Margomulyo, Jalan Mastrip dan Jalan Tanjungsari Kota Surabaya. Terdapat hubungan antara volume jenis kendaraan dengan nilai kerusakan jalan. Dengan hasil R² = 0,951662179 yang menunjukan besarnya pengaruh variable x terhadap variable y dengan presentase sebesar 95 %. Dengan hasil persamaan antara volume kendaraan (x1), waktu (x2) dan nilai kerusakan jalan y = 53,68203383 + 0,001399375 . x1 + 0,001578216 . x2, Hasil yang diperoleh dari analisis regresi linear berganda menunjukan besarnya pengaruh variabel x terhadap variabel y. Semakin besar hasil korelasi maka semakin besar pula pengaruh variabel x terhadap variabel y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lalu lintas, Nilai Kerusakan, Regresi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 03 Aug 2018 14:44
Last Modified: 07 Aug 2018 10:31
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item