Analisis Perbandingan Pemakaian Struktur Pada Tanah Lunak Antara Piled Slab Dan Cakar Ayam Modifikasi Dari Segi Biaya Dan Waktu. Kasus: Relokasi Jalan Tol Surabaya-Gempol Paket 1 STA.36+900 – 37+000

Wahyono, Irwan (2017) Analisis Perbandingan Pemakaian Struktur Pada Tanah Lunak Antara Piled Slab Dan Cakar Ayam Modifikasi Dari Segi Biaya Dan Waktu. Kasus: Relokasi Jalan Tol Surabaya-Gempol Paket 1 STA.36+900 – 37+000. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan perekonomian nasional yang semakin pesat menyebabkan bertambahnya mobilitas penduduk yang menggunakan jasa angkutan darat. Maka dari itu dilaksanakan kembali relokasi jalan tol Surabaya-Gempol yang sempat terputus oleh lumpur lapindo. Berdasarkan hasil uji tes tanah baik uji SPT maupun uji sondir, jalan tol Surabaya-Gempol harus melewati daerah dengan kondisi tanah yang sangat lunak, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka memerlukan pertimbangan perencanaan jalan yang lebih kuat dan layak untuk mengatasi jenis tanah lunak. Pertimbangan perencanaan yang dipilih juga harus memertimbangkan dari segi biaya dan waktu pelaksanaan. Karena tingkat keberhasilan suatu proyek dapat dilihat dari besar biaya yang efisien, waktu yang singkat dan tepatnya kualitas produk yang dicapai. Perbandingan perencanaan struktur yang ditinjau pada relokasi jalan tol Surabaya-Gempol ini adalah perbandingan struktur piled slab dengan modifikasi cakar ayam. Fondasi pada struktur piled slab menggunakan tiang pancang diameter 60 cm dengan kedalaman tiang pancang tergantung pada letak lapisan tanah keras (N-bearing), setelah itu kelompok tiang pancang diikat pada satu pierhead untuk tumpuan slab-slab precast yang diikat dengan angkur-angkur baja. Sedangkan fondasi pada modifikasi cakar ayam menggunakan fondasi pipa beton dengan kedalaman ditentukan 3.5 m karena tidak mengandalkan tanah keras, berdiameter 1.2 m, tebal 8 cm yang diisi pasir pada setiap lubang pipa beton, pada setiap fondasi pipa beton terdapat penyaluran tulangan agar tersambung dengan tulangan slab selebar dan sepanjang jalan, tebal slab 15 cm dengan penebalan slab di atas pipa beton setebal 20 cm. Interaksi tanah dengan fondasi dimodelkan sebagai spring dengan nilai konstanta bervariasi sesuai jenis tanahnya, sedangkan untuk beban gempa menggunakan perhitungan gempa dinamis yaitu respons spectrum. Kedua permodelan dibebani sesuai SNI 1725-2016 (Pembebanan untuk Jembatan) dan perhitungan gempa sesuai SNI 2833-2016 (Perencanaan jembatan terhadap beban gempa). Hasil perencanaan menunjukkan perbandingan sebagai berikut: dari segi kekuatan, struktur piled slab tidak akan terjadi settlement akibat konsolidasi karena fondasi sudah berdiri di atas tanah keras, sedangkan modifikasi cakar ayam cenderung terjadi settlement akibat konsolidasi meskipun jumlah fondasi pipa beton lebih rapat daripada fondasi piled slab. Dari segi biaya, konstruksi piled slab untuk segmen 100 m dari STA.36+900 – 37+000 adalah sebesar Rp. 9.800.079.791,- , sedangkan perhitungan biaya konstruksi modifikasi cakar ayam untuk segmen 100 m adalah Rp. 8.962.917.075,-. Dari segi waktu pelaksanaan, konstruksi piled slab membutuhkan waktu pelaksanaan selama 14 minggu kalender, sedangkan waktu pelaksanaan pada konstruksi modifikasi cakar ayam selama 18 minggu hari kalender.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cakar Ayam , Efisiensi, Piled Slab, Respons Spectrum, Penurunan Konsolidasi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: D. Ketut Mahendranata
Date Deposited: 30 Jul 2018 13:30
Last Modified: 30 Jul 2018 14:26
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item