Lestari, Yunifa Sri (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI UNDERWRITER, RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP UNDERPRICING SAHAM INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PASAR PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (730kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (422kB) |
Abstract
Pasar perdana merupakan sarana bagi perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana atau yang biasa disebut dengan Initial Public Offering (IPO). Terdapat fenomena dalam melakukan penawaran saham perdana yaitu underpricing. Underpricing yaitu suatu fenomena dimana harga penawaran saham perdana lebih rendah daripada harga penutupan saham pada hari pertama di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tingkat underpricing. Variabel independen yang diteliti adalah ukuran perusahaan, reputasi underwriter, return on asset (ROA), return on equity (ROE) dan financial leverage. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yang telah dittentukan, sehingga sampel yang didapati sebanyak 50 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing, sedangkan, reputasi underwriter , return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan financial leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing saham IPO.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pasar perdana merupakan sarana bagi perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana atau yang biasa disebut dengan Initial Public Offering (IPO). Terdapat fenomena dalam melakukan penawaran saham perdana yaitu underpricing. Underpricing yaitu suatu fenomena dimana harga penawaran saham perdana lebih rendah daripada harga penutupan saham pada hari pertama di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tingkat underpricing. Variabel independen yang diteliti adalah ukuran perusahaan, reputasi underwriter, return on asset (ROA), return on equity (ROE) dan financial leverage. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yang telah dittentukan, sehingga sampel yang didapati sebanyak 50 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing, sedangkan, reputasi underwriter , return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan financial leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing saham IPO. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Aprianto Doni Rahmat |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 15:15 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 15:15 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
View Item |