Analisa Pengaruh Penambahan Hybrid Energy Terhadap Efisiensi Motor Bensin 150cc

Sagita, Rico Tiek Han (2020) Analisa Pengaruh Penambahan Hybrid Energy Terhadap Efisiensi Motor Bensin 150cc. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (898kB)
[img] Text
Teknik_1421504780_Rico Tiek Han Sagita.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Turnitin Analisa Pengaruh Penambahan Hybrid Energy Terhadap Efisiensi Motor Bensin 150cc(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tercipta karena semakin naiknya harga bahan bakar minyak yang berimbas pada meningkatnya harga kebutuhan pokok, disisi lain penambangan minyak bumi selain memicu kerusakan lingkungan juga minyak bumi tidak dapat diperbarui. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengabungkan 2 sumber energi bahan bakar kendaraan bermotor yaitu bahan bakar konvensional (pertalite) dan gas hydrogen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pemberian gas hydrogen terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar minyak. Dalam penelitian ini penulis membuat generator hydrogen sebagai alat yang mampu merubah air menjadi gas hydrogen. Komponen generator sendiri terdiri dari plat stainless stell SS316, karet packing 2mm dan mika akrilik sebagai dinding generator. Dalam pengujian membutuhkan beberapa alat antara lain motor satria fu 150cc sebagai media pengujian, generator sebagai alat pemisah gas hydrogen (elektrolisa), air murni aquades sebagai sumber gas hydrogen, kalium hydroxide sebagai katalis dan lab motor bakar. Prosedur pengujian yang dilakukan adalah dengan cara melihat sebelum dan sesudah diberi gas hydrogen. Pengujian meliputi pengambilan data torsi, horse power dan konsumsi bbm. Dalam pengujian juga memberikan variable berupa presentase KOH untuk mengetahui efekpemberian KOH terhadap produksi gas hydrogen . Untuk presentase KOH terbagi menjadi 3 yaitu 3%, 4%, dan 5%. Hasil pengujian pada dynotest memperlihatkan terjadinya kenaikan torsi sebesar 0,16N.m. Disisi lain pada pengujian konsumsi bahan bakar memperlihatkan adanya penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motor bensin, hybrid, hydrogen, generator hho, efisiensi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Rico Tiek Han Sagita
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:48
Last Modified: 16 Mar 2020 02:48
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item View Item