KAJI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI BEBAN PENEKANAN DAN DURASI PENEKANAN PADA PROSES SQUEEZE CASTING TERHADAP KOEFISIEN PEMUAIAN PANAS DAN STRUKTUR MIKRO DARI KOMPOSIT ALUMINIUM 6061 – ABU DASAR BATU BARA

Muhammad, Fadil Arief (2018) KAJI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI BEBAN PENEKANAN DAN DURASI PENEKANAN PADA PROSES SQUEEZE CASTING TERHADAP KOEFISIEN PEMUAIAN PANAS DAN STRUKTUR MIKRO DARI KOMPOSIT ALUMINIUM 6061 – ABU DASAR BATU BARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era teknologi yang berkembang sangat pesat ini memungkinkan beberapa peneliti dan beberapa perusahaan berlomba-lomba untuk membuat sebuah hal atau ide baru. Karena, di dalam dunia ini perkembangan tidak hanya berjalan secara monoton tetapi harus ada era yang baru untuk menunjang suatu kebutuhan. Seperti pada kajian kali ini yang membahas penelitian material di bidang komposit. Pada saat ini bidang komposit memang cukup unggul dengan kapasitasnya yang sangat berpengaruh pada kebutuhan saat ini. Dalam pengaplikasiaanya pun memiliki keunggulan dalam dunia industri secara jangka panjang dan memiliki keunggulan yang beragam. Tidak jarang material memiliki sifat mekanik dan karakteristik yang tidak sesuai secara ketentuan yang diinginkan. Komposit merupakan gabungan 2 material atau lebih yang tersusun atas campuran material yang mempunyai sifay fisik dan mekanik yang berbeda dan menghasilkan material baru yang memiliki sifay-sifat yang berbeda dengan material penyusunnya. Gabungan dua material ini yang di maksud adalah kombinasi dari material penyusun komposit yaitu filler (penguat) dan matrik (pengikat). Klasifikasi komposit juga dapa dibedakan berdasarkan kegunaan seperti Metal Matrix Composite (MMC), Ceramic Matrix Composite (CMC), Polymer Matrix Composite (PMC). Dalam penelitian ini menggunakan metal matriks composite sebagai kegunaannya dalam aplikasi ini. Metal Matriks Composite mempunyai beragam keunggulan seperti ketahanan aus dan muai termal yang baik, mempunyai keuletan yang tinggi, ketahanan terhadap termperature tinggi, kekuatan spesifik tinggi, konduktivitas tinggi serta ketahanan korosi yang baik. Dalam eksperimen ini penggunaan metal matriks copmposite untuk komponen baut dan mur yang sangat berperan penting dalam bidang apapun seperti konstruksi jembatan, komponen kendaraan. Dalam kaji eksperimen ini, aluminium dicairkan hingga suhu 740˚C dalam tungku peleburan. Abu dasar batu bara sebagai penguat dan magnesium sebagai pengikat di campur dalam keadaan cair, sambil di aduk selama 10 menit. Metal matrix composite du buat dengan metode squeeze casting. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian TGA dan struktur mikro. Hasil yang didapatkan adalah nilai koefosien termal tertinggi pada beban 30 kg dengan durasi penekanan 5 detik dan beban 45 kg dengan durasi penekanan 5 detik sebelum perlakuan panas. Nilai koefisien termal juga didapatkan semakin durasi penekanan naik hingga 15 detik koefisien termal menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metal matrix composite, Abu Dasar Batu Bara, Squeeze Casting, Uji TGA, Struktur Mikro.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: 145539 dian andi lesmana
Date Deposited: 09 Apr 2018 09:14
Last Modified: 09 Apr 2018 09:14
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item