Media Relations Sebagai Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Mempertahankan CITRA GOOD CITY GOVERNANCE

Sugiarto, Putra (2019) Media Relations Sebagai Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Mempertahankan CITRA GOOD CITY GOVERNANCE. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penting bagi seorang Public Relations atau praktsi Humas dalam memahami model Public Relations yang dikemukakan oleh James E. Grunig and Todd Hunt, karena dalam model ini membahas mengenai komunikasi dan riset yang juga menjadi dasar dari kinerja seorang Public Relatios. Aktivitas Public Relations dalam menjalin hubungan dengan media massa melalui media relations menjadi penting untuk dilakukan oleh praktisi Humas Pemerintah Kota Surabaya yang telah dianggap berhasil dalam penerapan good city governance. Peneliti tertarik meneliti penelitian ini karena Kota Surabaya merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia, dan berstatus sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Tentu secara geografis maupun demografis aktivitas Public Relations tidak akan berjalan secara efektif jika tidak memanfaatkan media massa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, dan metode dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam penelitian ini studi kasus yang digunakan peneliti adalah single case, yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam mengenai model praktik kerja Public Relations dalam aktivitas media relations Humas Pemerintah Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Humas Pemerintah Kota Surabaya menjadi gerbang informasi terpercaya bagi stakeholder-nya. Dalam penerapan good city governance, Humas Pemerintah Kota Surabaya telah menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi. Dari hasil analisis empat karakteristik model Publik Relations Grunig and Hunt, yakni tujuan komunikasi, sifat komunikasi, model komunikasi dan jenis riset Humas Pemerintah Kota Surabaya melalui aktivitas media relations seperti press conference, jumpa pers (press briefing), press gathering, press interview, undangan peliputan, special event, press release dan advertorial, memiliki kecenderungan mempraktikkan model public informations ke semua media massa. Kata Kunci: Model Public Relations, Humas Pemerintahan, Media Relations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Public Relations, Humas Pemerintahan, Media Relations
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: sugiarto putra .
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:06
Last Modified: 09 Jan 2020 02:20
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item