STUDI PELAYANAN E-LAMPID (ELEKTRONIK LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

Kustiorini, Febri Yona and SOESIANTORO, ADI and KUSBANDRIJO, BAMBANG (2018) STUDI PELAYANAN E-LAMPID (ELEKTRONIK LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (184kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya menciptakan inovasi baru dengan menerapkan dan mengembangkan electronic government yang mana menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, jangkauan yang global dan transparansi. Bentuk inovasi tersebut adalah aplikasi pendaftaran kependudukan Kota Surabaya yang bernama e-lampid. Elampid yang merupakan kependekan dari Elektronik Kelahiran-Kematian-PindahDatang adalah sistem infornasi kependudukan terintegrasi yang dibangun dan dikembangkan Pemerintah Kota Surabaya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan e-lampid (elektronik lahir, mati, pindah, datang) pada pelayanan pengurusan akta kelahiran sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Teknik analisis data dilakukan dengan prosedur fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya e-lampid (elektronik lahir, mati, pindah, datang) pada pelayanan pengurusan akta kelahiran dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Pada praktiknya, terdapat tiga indikator dari 16 indikator dari Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 dan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik di Propinsi Jawa Timur yang dianggap kurang maksimal yaitu pada indikator kedisplinan petugas pelayanan, tanggungjawab petugas pelayanan dan kepastian jadwal pelayanan. Hal ini dikarenakan penyelesaian akta kelahiran sering terlambat dan tidak sesuai dengan kepastian waktu penyelesaian sesuai dengan SOP yang berlaku. Adanya beberapa kendala tersebut dianggap mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap e-lampid (elektronik lahir, mati, pindah, datang) pada pelayanan pengurusan akta kelahiran karena pada dasarnya e-lampid sangat membantu masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Electronic Government, E-Lampid, Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 20 Jan 2019 00:20
Last Modified: 20 Jan 2019 00:20
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item