Syarifuddin, Moch. Fikri Muji (2021) Analisis Karakteristik Baterai Lithium-Ion dan Baterai Lithium Iron Phosphate pada Sepeda Motor Listrik. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (541kB) |
|
Text
JURNAL TURNITIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sepeda motor listrik merupakan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan sekaligus mampu menjawab problem kelangkaan cadangan minyak bumi di masa yang akan datang. Baterai merupakan salah satu komponen inti dari sepeda motor listrik yang sangat penting berfungsi sebagai sumber arus untuk seluruh sistem kelistrikan serta sebagai tempat untuk menyimpan energi listrik. Diantara teknologi baterai yang digunakan kandidat yang paling menjanjikan yaitu baterai lithium ion dan baterai lithium iron phosphate. Dalam penerapan sepeda motor listrik menggunakan kedua jenis baterai tersebut belum mempertimbangkan karakteristik baterai dengan berat pengendara, laju kecepatan dan medan yang dilalui. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan dengan pengaplikasian langsung di sepeda motor listrik. Dari pengujian yang sudah dilakukan pada jalur mendatar dan menanjak dengan variasi kecepatan 10km/jam, 30km/jam dan 50km/jam memberikan hasil bahwa karakteristik baterai lithium - ion memiliki operasional suhu yang lebih cepat panas. Kemudian, untuk tegangan baterai lithium - ion relatif stabil dan pada saat discharge dan juga pada saat charging tidak ada lonjakan tegangan. Sedangkan untuk baterai lithium iron phosphate memiliki karakteristik stabilitas termal yang baik, dalam arti baterai ini tetap dingin di suhu yang lebih tinggi. Untuk tegangan pada baterai lithium iron phosphate mengalami lonjakan tegangan pada saat discharge dan charging. Kata kunci: baterai, lithium ion, lithium iron phosphate, sepeda motor listrik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | 1451700089 fikri muji |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 02:32 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 04:06 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11805 |
Actions (login required)
View Item |