Analisis Slot Time Penerbangan Pada Bandara Internasional Juanda Surabaya

PUTRI, RANI DWI (2018) Analisis Slot Time Penerbangan Pada Bandara Internasional Juanda Surabaya. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (565kB)

Abstract

Bandara Internasional Juanda Surabaya sering mengalami masalah tentang pengalokasian waktu penjadwalan penerbangan (slot time). Bandara Internasional Juanda Surabaya dikelola oleh IDSC (Indonesia Slot Coordinator) untuk penerbangan berjadwal domestik, untuk extra flight dan charter flight dikelola oleh kepala bandar udara, serta untuk penerbangan internasional berjadwal dan tidak berjadwal dikelola oleh PT.Garuda Indonesia selaku pengelola penerbangan internasional di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa slot time penerbangan pada Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk mengatasi Ketidaksesuaian waktu penjadwalan dengan waktu aktual yang dapat menimbulkan kecelakaan pesawat serta untuk mengoptimalkan kinerja semua pengelola bandara dan maskapai. Untuk mengoptimalkan diperlukan mekanisme pengelolaan slot time sesuai dengan keputusan direktur jenderal perhubungan udara nomor KP.112 tahun 2017 serta KP.6 tahun 2014 yang telah didasarkan pada ketentuan yang mengacu pada Internasional Air Transport Association – Worldwide Schedulling Guidelines (IATA-WSG) serta perhitungan rata- rata dan presentase pergerakan pesawat selama tahun 2013-2017 dengan metode analisis deskriptif kuantitatif.Untuk menganalisa slot time diperlukan data pergerakan pesawat tahun 2013 – 2017 serta data NAC (Notice of Airport Capacity) Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk periode winter 2017 sebagai dasar bagi operator penerbangan untuk mengajukan permintaan slot time penerbangan berjadwal maupun tidak berjadwal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan slot time, pihak IDSC melakukan pemantauan berkala dan musiman pada historycal slot data penerbangan masing – masing operator dengan ketentuan apabila memenuhi minimal 80% ketepatan maka operator dianggap memenuhi syarat untuk memiliki historycal slot periode berikutnya namun sebaliknya apabila off slot lebih dari 20% dianggap tidak memenuhi syarat. Rata- rata pergerakan pesawat dalam sehari mencapai 26 pergerakan untuk terminal domestik sedangkan untuk terminal internasional hanya 2 pergerakan dalam kurun waktu 3 jam. Presentase kenaikan pergerakan pesawat setiap tahunnya mencapai 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Slot Time, IDSC (Indonesia Slot Coordinator), Analisis Deskriptif Kuantitatif.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:23
Last Modified: 18 Jul 2022 06:58
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item