PERAN KETUA UMUM DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI ORGANISASI DI KOMUNITAS HONDA OWNER SCOOPY SURABAYA

FIRMANSYAH, ADITYA (2018) PERAN KETUA UMUM DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI ORGANISASI DI KOMUNITAS HONDA OWNER SCOOPY SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (24MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Peran Ketua Umum dalam Membangun Komunikasi Organisasi di Komunitas Honda Owner Scoopy Surabaya. Pada penelitian ini ketua umum membutuhkan komunikasi interpersonal dalam membangun komunikasi organisasi di komunitas Honda Owner Scoopy Surabaya. Dalam komunikasi interpersonal peneliti memfokuskan aspek efektivitas komunikasi interpersonal yaitu keterbukaan, empati, mendukung, positif dan kesetaraan. Kurangnya efektivitas komunikasi interpersonal di dalam komunitas sehingga menjadi hambatan untuk komunitas tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dilanjutkan dengan teknis analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam membangun komunikasi organisasi ketua umum dan anggota Honda Owner Scoopy Surabaya sangat membutuhkan komunikasi interpersonal meliputi efektivitas komunikasi interpersonal yang pertama, keterbukaan ketua umum sudah cukup baik bisa terbuka kepada anggotanya dalam menerima keluhan, kritik dan saran baik dalam forum maupun diluar forum. Namun ada beberapa anggota yang memiliki sifat tertutup sehingga komunikasi organisasi kurang maksimal dan menjadi hambatan komunikasi didalam organisasi. Yang kedua empati yang diberikan ketua umum juga sudah baik, seperti membantu setiap permasalahan anggotanya. Yang ketiga sikap mendukung sudah baik, ketua umum selalu mendukung masukan yang disarankan oleh anggota jika masukan tersebut baik untuk internal maupun eksternal. Yang keempat sikap positif yang diberikan ketua umum, memberi pujian dan menceritakan kepada anggota pengalaman anggota yang telah melampaui touring terjauh pada saat forum agar yang lain termotivasi. Yang kelima ketua umum memberikan kesetaraan kepada anggota tanpa membedabedakan antar anggotanya dalam pembagian tugas, keikutsertaan dalam kegiatan dan pengambilan suara untuk mengambil keputusan. Dengan kurangnya efektif komunikasi interpersonal yakni keterbukaan dalam komunitas sehingga timbul hambatan komunikasi organisasi didalam komunitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 16 Dec 2018 02:13
Last Modified: 16 Dec 2018 02:13
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item