Implementasi Akuisisi Data Sistem Kontrol Pada Indoor Garden System (IGS) Menggunakan Protokol Komunikasi Modbus TCP/IP dengan Tampilan Human Machine Interface (HMI) Software Node-Red

Hidayatulloh, Ibnu Muhyiddin (2021) Implementasi Akuisisi Data Sistem Kontrol Pada Indoor Garden System (IGS) Menggunakan Protokol Komunikasi Modbus TCP/IP dengan Tampilan Human Machine Interface (HMI) Software Node-Red. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (698kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indoor Garden System (IGS) Merupakan Metode Budidaya Tanaman yang dapat diaplikasikan didalam ruangan. Namun, ada beberapa kendala dalam perancangan Indoor Garden System, salah satunya adalah untuk Pengendali atau Pengontrol kondisi Lingkungan didalam Indoor Garden System. Sistem Akuisisi Data ini akan menggunakan beberapa data dari sensor, serta pemberian perintah berupa kontrol pada Aktuator. Sistem Akuisisi Data ini memanfaatkan Software Node-Red sebagai pemrogram dan penampil Nilai Parameter Sensor baik berupa Nilai Angka maupun Grafik pada Human Machine Interface (HMI) Software Node-Red. Adapaun sensor yang digunakan untuk memantau kondisi lingkungan pada Indoor Garden adalah Sensor suhu DS18B20, Sensor Kelembaban Tanah YL-69 dan sensor Cahaya (LDR). Sedangkan Untuk pemroses datanya menggunakan Arduino Mega 2560 dan Ethernet Shield sebagai penyedia alamat IP (Internet protocol).Untuk media pengiriman dan penerima data menggunakan Protokol Komunikasi Modbus TCP/IP dan Kabel LAN. Tahapan penelitian meliputi perancangan, pembuatan dan pengujian alat. Berdasarkan Hasil Penelitian serta Pengamatan alat yang sudah dibuat menunjukan bahwa kinerja Sensor-Sensor tertampil dengan baik pada Human Machine Interface dan untuk Aktuator juga dapat berkerja dengan baik. Didapatkan dimana pembacaan sensor suhu DS18B20 memiliki kebenaran sebesar 99,2 % sedangkan Sensor Kelembaban Tanah YL-69 mempunyai kebenaran pembacaan sebesar 90% dan untuk sensor LDR miliki kebenaran hasil Pembacaan ADC manual adalah sebesar 97.28 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indoor Garden system (IGS), Akuisisi Data, Arduino, Human Machine Interface, Sistem Kontrol, Node-Red.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: 1451700054 Ibnu Muhyiddin Hidayatulloh
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:55
Last Modified: 03 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item