Tarmudji, . (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA BERBASIS TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Kasus Program Pendidikan Sistem Ganda Berbasis Teaching Factory di SMKN 3 Pamekasan). Doctoral thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.
Text
ABSTRAK.pdf Download (941kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
BAB VIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (326kB) |
|
Text
JURNAL BHS ASING.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian merupakan penelitian diskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus (CaseStudy),bersifat diskriptif eksploratif, teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam,dokumentasi, observasi langsung, observasi terlibat (participant observation),untuk saling melengkapi. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dalam meningkatkan daya serap lulusan siswa SMKN 3 Pamekasan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi Program PSG berbasis teaching factory yang dilakukan di SMKN 3 Pamekasan didapatkan 1). Kebijakan mendikbud yang tertuang dalam kepmendikbud nomor 323/U/1997 yang dijadikan dasar pelaksanaan program PSG dan kebijakan kepmendikbud nomor 0490/1992 tentang Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) yang bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja(DU/DI) tidak sepenuhnya di implementasikan dengan benar sesuai dengan pedoman penyelenggaran PSG yang tercantum dalam kepmendikbud nomor 323/U/1997, Proses implementasi mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi dijalankan dengan benar namun kebijakan yang menyangkut kerjasama dengan DU/DI tidak diimplementasi dengan benar dengan tidak terbentuknya Majelis Sekolah sebagai lembaga yang mewakili DU/DI di SMK. 2).Daya serap lulusan SMK oleh DU/DI relatip rendah dibandingkan dengan siswa yang melanjutkan 3).Implementasi Kebijakan Program PSG didukung oleh SDM yang berasal dari internal sekolah maupun dari eksternal sekolah dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memenuhi standar . Hasil penelitan Implementasi kebijakan PSG berbasis teaching factory ini memperkuat teori Ripley dan Franklin yang mengatakan bahwa Implementasi kebijakan akan berhasil apabila para implementornya mematuhi aturanaturan yang diberikan. Hasil penelitian ini juga menguatkan teori dari |George Edward III bahwa salah satu faktor dari empat faktor atau variabel kritis untuk dapat mengimplementasikan sebuah kebijakan yang kompleks dengan sukses adalah tersedianya sumber daya yang cukup.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PSG berbasis teaching factory , daya serap lulusan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Aprianto Doni Rahmat |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 12:00 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 06:59 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
View Item |