Peran Komunikasi Organisasi di Pemerintahan Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kelurahan Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya

Budian, Arindya Ragil (2018) Peran Komunikasi Organisasi di Pemerintahan Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kelurahan Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (138kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (768kB)

Abstract

Pada dasarnya komunikasi adalah bentuk interaksi antar individu dalam kelompok maupun organisasi. Bentuk komunikasi yang dilakukan ternyata memiliki pola tersendiri, sehingga memiliki semacam jejaring komunikasi. Jejaring komunikasi merupakan pola bagaimana orang-orang dalam organisasi saling berkomunikasi. Hal inilah yang terjadi dikantor kelurahan Sidotopo Wetan kota Surabaya, dimana bentuk komunikasi yang dilakukan Lurah merupakan bentuk komunikasi secara vertikal dan horizontal. Sehingga diharapkan peran komunikasi organisasi yang dilakukan dapat membuat pegawai kelurahan memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat kelurahan Sidotopo Wetan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan dalam metode penelitian tersebut yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut kemudian dilakukan analisa dan menginterpretasikan arti data yang dimaksud. Sumber data pada penelitian ini adalah Lurah Sidotopo beserta pegawai kantor kelurahan Sidotopo Wetan dan masyarakat kelurahan Sidotopo Wetan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola komunikasi yang digunakan Lurah adalah secara vertikal dan horizontal. Komunikasi vertikal terlihat dari adanya instruksi tugas yang diberikan Lurah, penyampaian pesan secara rasional, ideologi, informasi serta balikan kepada para pegawai. Adapun pola komunikasi horizontal tampak pada interaksi yang terjadi diantara pegawai saat koordinasi kerja dan adanya tindakan pemecahan masalah. Komunikasi organisasi yang diterapkan dengan pola komunikasi yang digunakan ternyata mampu membuat pegawai kelurahan memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat kelurahan Sidotopo Wetan. Hal ini terlihat dari adanya rasa puas yang disampaikan oleh masyarakat. Pola komunikasi secara vertikal dan horizontal tersebut ternyata menghasilkan gambar pola menyeluruh, dimana pola komunikasi menyeluruh melibatkan seluruh pegawai dan Lurah. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pesan, sehingga dapat berpartisipasi secara adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Pelayanan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: 145539 dian andi lesmana
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:34
Last Modified: 31 Oct 2018 01:34
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item