Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Perspsi Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Tulungagung

Puspitasari, Eka Novi (2021) Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Perspsi Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
JURNAL TURNETIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dukungan orangtua kepada siswa serta persepsi lingkungan sekolah merupakan salah satu unsur penting dalam menumbuhkan motivasi belajar, khususnya pada siswa di usia pra remaja. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan mengambil sampling siswa SMP Negeri 5 Tulungagung. Sampling diambil melalui teknik purposive sampling, dengan besar sampel 30% dari jumlah populasi, yaitu 74 siswa yang masuk pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui angket model skala likert, dan dianalisis melalui teknik regresi linier dan analisis korelasi non parametrik dari Spearmans_rho. Hasil pembuktian hipotesis menunjukan nilai F= 21,348 dengan p= 0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa secara bersama-sama persepsi pada dukungan orangtua dan lingkungan sekolah memiliki korelasi positif yang signifikan dengan motivaasi belajar siswa. Nilai r=0,613 dengan koefisien determinasi yang menunjukkan secara bersama-sama dukungan orangtua dan lingkungan sekolah memberikan sumbangan sebesar 37,6% pada motivasi belajar siswa. Hasil uji korelasi dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,004 dengan p= 0,972 (p>0,0) yang berarti bahwa dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa tidak ada korelasi, sedangkan persepsi pada lingkungan sekolah dengan motivasi belajar diperoleh nilai t= 6,517 dengan p= 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara persepsi pada lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa. Diketahui sumbangan efektif pada variabel dukungan orangtua memperoleh nilai 0,26% sedangkan persepsi pada lingkungan sekolah memperoleh sumbangan efektif sebesar 37,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dukungan orangtua, lingkungan sekolah, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: 1511600084 Eka Novi Puspitasari
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:42
Last Modified: 12 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8785

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item