Analisi Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan SWOT dan QSPM di Kopi Sae

Ridianto, Deni (2021) Analisi Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan SWOT dan QSPM di Kopi Sae. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Turnitin_1411600012_Deniridianto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kopi Sae adalah sebuah cafe yang terletak di Jl. Margerejo Indah No 134 A Surabaya. Kopi Sae menggunakan konsep indoor dan outdoor agar pelanggan merasa nyaman berkunjung ke sana. Strategi pemasaran yang dilakukan Kopi Sae terbagi menjadi 3 bagian, (1) pemasaran digital yaitu fokus menggunakan teknologi yang sedang tren agar pelanggan tetap mengenal bisnis kita; (2) Pemasaran transaksional untuk mendorong pembelian menggunakan kupon, voucher, dan acara; (3) Pemasaran relasional adalah fokus membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam promosi produk / layanan yang halus. Dari ketiga strategi yang digunakan menjadi kendala dalam pemasaran karena kemunculan kompetitor dengan konsep bisnis yang sama dan persaingan saat pandemi Covid-19 semakin sulit, cafe Kopi Sae tidak bisa bergerak dalam skala besar, bahkan event-event, jam malam, dan pelanggan yang terbatas, karena ruang gerak setiap manusia atau individu telah dibatasi guna mengurangi jumlah kematian yang disebabkan oleh virus corona. Oleh karena itu diperlukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman yang dialami oleh cafe Kopi Sae. Dari hasil penelitian yang penulis susun, didapatkan bahwa strategi operasional Cafe Kopi Sae untuk mencapai keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) Posisi Cafe Kopi Sae Surabaya menunjukkan Kuadran I, karena Kekuatan yang dimiliki oleh Cafe Kopi Sae Surabaya lebih besar dari kelemahan, sedangkan peluang lebih besar dari ancaman yang ada. Posisi tersebut menentukan bahwa Cafe Kopi Sae Surabaya memiliki posisi yang kuat dan peluang yang tinggi. Strategi yang diambil pada kuadran I adalah strategi agresif. Strategi operasional Cafe Kopi Sae untuk mencapai keunggulan bersaing dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) dilihat dari hasil matriks SWOT peneliti mendapatkan hasil matriks SWOT yang mencapai nilai tertinggi adalah strategi SO. Artinya pemasaran dilakukan lebih luas, dengan maksud mempromosikan update lebih sering di media sosial, dan promosi penyebaran pamflet di daerah tertentu. Alternatif strategi selanjutnya berdasarkan strategi SO adalah melakukan promosi secara intensif kepada konsumen, tujuannya adalah untuk menciptakan perusahaan yang lebih baik dan lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SWOT, QSPM, Analisis Strategi Pemasaran
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411600012 Deni Ridianto
Date Deposited: 19 Feb 2021 23:31
Last Modified: 23 Feb 2021 14:24
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item