Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Keterampilan Sosial Anak pada Usia 5-6 Tahun

Rahmania, Fiddah (2017) Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Keterampilan Sosial Anak pada Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek perkembangan sosial yang harus dikembangkan pada anak usia 5-6 tahun. Meningkatnya jumlah orang tua yang bekerja membuat kebersamaan dengan anak menjadi berkurang. Masalah yang muncul saat kedua orang tua bekerja bisa menjadi faktor ketrampilan sosial anak kurang berkembang karena cara mengasuh anak merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak. Cara pengasuhan orang tua merupakan proses interaksi yang terus berlanjut yang melibatkan pengasuhan, perlindungan dan arahan orang tua untuk anak dalam konteks perkembangan anak. Pola asuh memiliki 3 jenis. Diantaranya adalah pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan keterampilan sosial anak. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Al Fajar Surabaya dan melibatkan 108 orang tua murid. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Data yang didapat dianalisis dengan teknik parametrik product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dibantu dengan program SPSS versi 17.0 menunjukkan bahwa hasil p= 0,00 (p < 0,05). Hasil korelasi yang signifikan menunjukkan bahwa jika hipotesis diterima maka terdapat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan keterampilan sosial anak pada usia 5-6 tahun. Pola asuh demokratis juga memiliki sumbangsih 29,4% sebagai faktor terhadap keterampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Anak Usia 5-6 Tahun, Pola Asuh Demokratis
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 26 Feb 2018 14:44
Last Modified: 26 Feb 2018 14:44
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item