Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kebersihan Lingkungan Dan Penataan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Indomaret Gemurung Kecamatan Gedangan

Taruna, Agil Trivandi (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kebersihan Lingkungan Dan Penataan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Indomaret Gemurung Kecamatan Gedangan. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (937kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kebersihan lingkungan dan penataan produk secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Fenomena dalam penelitian ini yaitu adanya beberapa kekurangan tidak seperti toko-toko indomaret pada umumnya. Pada pelayanan toko konsumen mengeluh karena penataan produknya tidak teratur (tercampur) dan barkot harga produk yang belum diganti dengan harga terbaru sehingga konsumen merasa kurang puas terhadap pelayanan pegawai pada toko itu. Dilihat dari segi lingkugan toko agak kurang terawat hal ini membuat konsumen enggan membeli produk di toko tersebut. Pada akhirnya toko menjadi agak sepi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kebersihan lingkungan dan penataan produk secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di toko Indomaret Gemurung Kecamatan Gedangan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda dan analisis determinasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F dan uji t. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 24. Simpulan dalam penilitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, kebersihan lingkungan dan penataan produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini sebaiknya kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan mendapatkan pelayanan yaitu seperti tersedianya sumber daya manusia untuk membantu melayani konsumen, serta fasilitas pendukung seperti computer untuk mencari ketersediaan suatu produk serta memberikan pelayanan yang sopan santun dan keramahan ketika memberikan pelayanan terhadap konsumen. meningkatkan kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan membersihkan area indomaret setiap hari agar terlihat bersih dan rapi sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. dan yang terakhir meningkatkan penataan produk dapat dilakukan dengan menata barang sesuai dengan tempat nya serta menganti harga barang yang lama ke harga barang yang baru sehingga nanti nya harga yang baru sesuai dengan harga yang ada di computer indomaret tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kebersihan Lingkungan, Penataan Produk, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Manajemen
Depositing User: Agil Trivandi Taruna
Date Deposited: 11 Sep 2020 09:19
Last Modified: 11 Sep 2020 09:19
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item