Penentuan Rute Distribusi Dengan Pendekatan Heterogeneous Vehicle Routing Problem Pada Pt. Pioneerindo Gourmet International Tbk Gudang CFC Cabang Surabaya

Hestyantama, Deni (2020) Penentuan Rute Distribusi Dengan Pendekatan Heterogeneous Vehicle Routing Problem Pada Pt. Pioneerindo Gourmet International Tbk Gudang CFC Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (537kB)
[img] Text
TURNITIN_JURNAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT. Pioneerindo Gourmet Internasional Tbk merupakan perusahaan dalam bidang makanan dan minuman (Food and Beverages) dengan memperkenalkan konsep pengelolaan restoran cepat saji melalui merek dagang California Fried Chicken atau disingkat CFC. Objek pada penelitian ini yaitu gudang DC CFC Surabaya cabang wilayah Indonesia bagian timur. Perusahaan memiliki kendala yaitu gudang DC CFC Surabaya menerima sejumlah permintaan yang beragam dari berbagai ritel sehingga perusahaan kurang mengoptimalkan penggunaan kapasitas kendaraan pada sejumlah kendaraan yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Dengan permasalahan tersebut mengakibatkan panjangnya jarak dan mahalnya biaya rute distribusi yang dilakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penentuan rute dengan menggunakan algoritma sweep dengan pendekatan Heterogenenous Fleet Vehicle Routing Problem untuk mengelompokkan tiap ritel menjadi kelompok kecil berdasarkan kapasitas kendaraan yang berbeda-beda. Kemudian dilakukan pembuatan rute dari hasil pengelompokkan tersebut untuk mencari total jarak yang paling optimal dari cluster menggunakan model matematis dengan konsep MILP menggunakan bantuan software Lingo 18.0. Dari hasil pengolahan didapatkan bahwa perbandingan rute aktual dengan rute hasil penelitian di dapatkan persentase penghematan jarak sebesar 34,01, durasi pengiriman sebesar 31,86, dan biaya pengiriman sebesar 33,33. Setelah dilakukan analisis sensitivitas pengaruh yang didapatkan yaitu urutan kunjungan ke ritel pada setiap rute mengalami perubahan, sehingga total keseluruhan jarak, durasi, dan biaya pengiriman juga mengalami perubahan, pada skenario satu menghasilkan perbedaan tidak terlalu besar, melainkan pada skenario dua dan seterusnya, perbandingan dengan total jarak, waktu, dan biaya rute hasil penelitian menghasilkan perubahan yang besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rute distribusi, Algoritma sweep, Heterogeneous Fleet Routing Problem (HFVRP), Mixed Integer Linear Programming (MILP), Analisis sensitivitas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Deni Hestyantama
Date Deposited: 02 Aug 2020 20:17
Last Modified: 02 Aug 2020 20:17
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item