Analisis Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Tranparansi Dalam Mengelola Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk

Kurniasari, Dini (2021) Analisis Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Tranparansi Dalam Mengelola Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (179kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia mempunyai anggaran khusus untuk suatu pedesaan yang dimulai pada tahun 2015 yang disebut sebagai Dana Desa. Tetapi, terdapat banyak kecurangan yang dilakukan aparat Pemerintah Desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa dan salah satu dari kecurangan tersebut adalah korupsi. Alokasi Dana Desa merupakan dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota dan pembagian dana untuk setiap Desa dibagikan paling sedikit 10% (sepuluh persen). Alokasi Dana Desa tersebut digunakan sebagai penyelenggaraan pemerintah Desa dan pemberdayaan Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui prinsip Akuntabilitas dan Transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa terdahap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa Loceret Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa yang terdapat pada Bab V Pasal 40 Ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa laporan pertanggungjawaban realisasi anggaran harus dipublikasikan melalui media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat berupa papan pengumuman, dan media informasi lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan penulis melalui wawancara,dokumentasi,studi pustaka, dan kuesioner. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwan Pemerintah Desa Loceret Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk telah melaksanakan prinsip Akuntabilitas dan Transparansi yang dilakukan dengan baik dan hasil dari pengelolaan Dana Desa digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Kata kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Pengeloaan Alokasi Dana Desa , Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Pengeloaan Alokasi Dana Desa , Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Desa.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi
Depositing User: 1221700036 Dini Kurniasari
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:01
Last Modified: 07 Dec 2021 02:01
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item