Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sekama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Listing Di BEI)

Wulansari, Anggun (2021) Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sekama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Listing Di BEI). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (718kB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)
[img] Image
WhatsApp Image 2021-10-07 at 08.16.11.jpeg

Download (67kB)

Abstract

Sektor transportasi merupakan sektor yang sangat terkait dengan perkembangan dan pembangunan perekonomian negara, pentingnya peranan sektor transportasi didalam kehidupan masyarakat didorong oleh peningkatan kebutuhan akan jasa angkutan bagi masyarakat untuk mobilitas dan pengangkutan barang ke berbagai daerah. Namun ditengah masa pandemi covid-19 sektor ini mengalami tekanan yang cukup dalam. Merosotnya minat masyarakat untuk berpergian tentu memicu penurunan omzet usaha bidang transportasi yang berdampak pula pada kinerja dan peforma perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sub sektor transportasi sebelum dan selama masa pandemi covid-19 dengan menggunakan metode analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas dan rasio pasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di BEI. Populasi penelitian meliputi perusahaan sub sektor transportasi yang listing di BEI selama tahun 2019-2020, dengan sample sebanyak 10 perusahaan yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah rasio keuangan yang diproksikan dengan current ratio (CR), return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER) dan price book value (PBV). Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis paired sample t-test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan uji hipotesis paired sample t-test, variabel rasio keuangan yang diproksikan dengan current ratio (CR), return on assets (ROA), debt to equity ratio(DER) dan price book value (PBV) menunjukkan bahwa nilai sig > α 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sub sektor transportasi sebelum dan selama pandemi covid-19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Namun jika dilihat melalui pengujian menggunakan analisis deskriftif, nilai rata-rata keempat rasio tersebut menunjukkan kinerja keuangan perusahaan mengalami peningkatan dan penurunan selama pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Rasio Pasar.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Manajemen
Depositing User: 1211700131 Anggun Wulansari
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:06
Last Modified: 25 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item