Pengaruh Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Terhadap Perubahan Harga Saham pada saat Pademi Covid 19 Perusahaan sub sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020

Hakim, Arief Rahman (2021) Pengaruh Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Terhadap Perubahan Harga Saham pada saat Pademi Covid 19 Perusahaan sub sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
abstrak(1).pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Doc Nov 01 2021.pdf

Download (457kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)

Abstract

Harga saham mempunyai nilai yang sangat penting dan menjadi salah satu indikator keberhasilan terhadap perusahaan, karena harga saham dapat menggambarkan prospek perusahaan tersebut bagus atau tidak. Pergerakan harga saham dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah strukur modal perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal dan nilai perusahaan terhadap perubahan harga saham selama Pandemi Covid-19. Variabel yang digunakan untuk menghitung struktur modal dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price earning ratio (PER) dan Price to Book Value Ratio (PBV). Populasi dalam penelitian ada 29 perusahaan sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Menggunakan metode Purposive Sampling, peneliti menetapkan kriteria tertentu dalam pengambilan sampel penelitian dan didapatkan 9 perusahaan yang dijadikan sampel. Dalam penelitian ini dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19 yaitu mulai dari kuartal keempat tahun 2019 sampai dengan kuartal ketiga tahun 2020 karena berdasarkan fenomena harga saham perusahaan sub sektor Food and Beverage mengalami fluktuasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa struktur modal secara simultan diukur dengan dan Debt to Equity Ratio (DER) dan nilai perusahaan yang diukur dengan Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value Ratio (PBV) berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. Pengujian struktur modal terhadap perubahan harga saham menunjukkan signifikansi 0,037 < 0,05. Artinya secara parsial struktur modal berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia selama Pandemi Covid-19. Pengujian nilai perusahaan yang diukur dengan price earning ratio terhadap perubahan harga saham menunjukkan signifikansi 0,791 > 0,05. Artinya secara parsial price earning ratio (PER) berpengaruh tidak signifikan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia selama Pandemi Covid-19. Pengujian nilai perusahaan yang diukur dengan price to book value ratio (PBV) terhadap perubahan harga saham menunjukkan signifikansi 0,633 > 0,05. Artinya secara parsial price to book value ratio (PBV) berpengaruh tidak signifikan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan sub sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia selama Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Debt to equity ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value ratio, Harga Saham.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Manajemen
Depositing User: 1211700201 Arief Rahman Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:51
Last Modified: 08 Nov 2021 06:51
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item