Penyajian Laporan Keuangan Dengan Sesuai Peraturan Pemerintahan Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standart Akuntansi Pemerintah Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Surabaya Tahun 2019

Malviqi, Masro'atin Dwi (2021) Penyajian Laporan Keuangan Dengan Sesuai Peraturan Pemerintahan Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standart Akuntansi Pemerintah Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Surabaya Tahun 2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Masro’atin Dwi Malviqi_hasil turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Standar akuntansi pemerintahan adalah prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan meyajikan Laporan Keuangan Pemerintah yang disajikan dalam PP Nomor 71 Tahun 2010 berbasis akrual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyajian laporan keuangan DPPKAD Kota Surabaya dalam penerapan PP No.71 Tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala bagian pendapatan kota Surabaya. Hasil penelitian ini yaitu DPPKAD Kota Surabaya belum menerapkan PP Nomor 71 Tahun 2010 tetapi teah sesuai dengan PP Nomor 24 Tahun 2005. Hasil penelitian yang dilakukan pada Badan Pengelola Keuangan (BPKPD) Pemerintah Kota Surabaya sudah membuat Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 belum sesuai dengan PP No.21 Tahun 2010. Kendala dalam proses penyajian laporan keuangan pemkot Surabaya terutama pemahaman sumber daya manusia ( SDM ) tenaga akuntansi tentang akuntansi pemerintahan yang masih memerlukan pendampingan, ternyata tidak mempengaruhi dalam kegiatan waktu pelaporan keuangan pemkot Surabaya kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ). Hal ini diantisipasi dengan banyaknya aplikasi keuangan yang disediakan oleh BPKPD untuk SKPD yang bermanfaat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses penyusunan laporan keuangan SKPD.Standar Akuntansi Pemerintah berbasis kas menyajikan 2 laporan yaitu neraca dan laporan realisasi anggaran sedangkan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual menyajikan 6 laporan keuangan yang terdiri atas neraca, laporan realisasi anggaran,laporan operasional,laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan SAL dan catatan atas laporan keuangan. Sehingga diharapkan pada tahun selanjutnya Pemkot Surabaya telah menerapkan PP Nomor 71 Tahun 2010 dan mengadakan sosialisasi serta bimbingan teknis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Kata kunci : laporan keuangan,peraturan pemerintah,analisis penerapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: laporan keuangan,peraturan pemerintah,analisis penerapan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: 1221700148 Masro‘atin Dwi Malviqi
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:49
Last Modified: 08 Nov 2021 05:52
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item