Analisis Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pengusaha Mikro Warung Kopi Di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

Afrisonia Clarissa Intan, Clarissa Intan Afrisonia (2021) Analisis Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pengusaha Mikro Warung Kopi Di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN_1231700005_CLARISSA INTAN AFRISONIA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Clarissa Intan Afrisonia_Hasil Turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Warung kopi termasuk dalam usaha kecil milik perorangan yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam mendapat pekerjaan serta meningkatkan perekonomian. Warung kopi sendiri hanya sekedar tempat yang menyediakan dan menjual layanan produk pengelolaan kopi, kopi siap saji, selain itu usaha warung kopi menawarkan makanan dan minuman ringan. Warung kopi sendiri tidak mengharuskan untuk memiliki keahlian khusus dalam meracik kopi dengan menggunakan teknologi yang lebih modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha dan tenaga kerja terhadap pendapatan usaha warung kopi di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f serta analisis korelasi determinasi dengan menggunakan SPSS 26. Penelitian ini mengambil sampel dari jumlah pengusaha warung kopi yang berada di Kecamatan Sukolilo. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Adapun variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel modal usaha, tenaga kerja, dan jam kerja yang merupakan variabel bebas, dan pendapatan sebagai varaibel terikat. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil sebagai berikut Y = 1.310 + 0.603X1+ (-0,189) X2+0.992X3 + e. Artinya variabel modal usaha, tenaga kerja, dan jam kerja berpengaruh positif terhadap pendapatan warung kopi di Kecamatan Sukolilo. Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel modal usaha secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan usaha warung kopi di Kecamatan Sukolilo. Hal ini dapat dibuktikan bahwa variabel X(1)mempunyai t hitung sebesar 8.557 lebih besar dari t tabel 1.68830. Variabel tenaga kerja secara parsial memiliki pengaruh negatif terhadap pendapatan warung kopi di Kecamatan Sukolilo. Hal ini dapat dibuktikan bahwa variabel X(2) mempunyai t(hitung )sebesar -1.433 lebih rendah dari t_tabel 1.68830. Variabel jam kerja secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan warung kopi di Kecamatan Sukolilo. Hal ini dapat dibuktikan bahwa variabel X(3) mempunyai t (hitung )sebesar 3.768 lebih rendah dari t tabel 1.68830. Hasil Uji f menunjukan bahwa variabel modal dan tenaga kerja dapat berpengaruh secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha warung kopi di Kecamatan Sukolilo. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000. Nilai F (hitung )(33.089) lebih besar dari F_(tabel ) (3.26).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modal Usaha, Tenaga Kerja, Jam Kerja Dan Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: 231700005 Clarissa Intan Afrisoni
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:10
Last Modified: 17 Sep 2021 02:10
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11186

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item